5 Trik Cerdas Belanja Baju Secara Online Agar Tak Kecewa

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Di zaman teknologi ini, mayoritas orang lebih suka berbelanja online. Selain lebih praktis, belanja dengan cara ini juga membuat konsumen tidak perlu pusing-pusing pergi ke butik, toko, dan tempat lainnya.

Konsumen hanya tinggal klik, dan busana dengan model terkini akan dikirim sampai depan pintu. Namun, seringkali baju yang dipesan secara online tidak sesuai harapan seperti yang tampak di foto. Nah, agar kejadian seperti itu tidak terulang lagi, ada beberapa cara belanja pakaian online dari pakar ritel fashion online yang bisa diikuti.

Berikut lima cara secara online agar tidak kecewa:

Kenali Bentuk Tubuh
Wanita cenderung khawatir tentang ukuran, tapi yang lebih penting sebenarnya adalah mengetahui bentuk tubuh. Hal ini tidak hanya akan menentukan barang yang akan dibeli, tetapi juga memengaruhi rancangan dan ukuran yang dipilih. Jika Anda ragu tentang ukuran pakaian yang harus dibeli, maka pilihlah ukuran yang lebih besar.

Menurut direktur pembelian matchfashion.com, Natalie Kingham, lebih baik memilih pakaian dengan ukuran lebih besar daripada yang terlalu kecil. “Ukuran lebih besar juga membuat kita merasa hebat karena berpikir bahwa sebenarnya kita butuh ukuran yang lebih kecil,” tambahnya.

Teliti Merek atau Desainer
Jika Anda adalah pemula dalam dunia belanja online, mulailah dengan merek yang sudah mereka kenal. Besar kemungkinan Anda akan menyukai garis potongan mereka dan tahu ukuran apa yang cocok.

Jika Anda ingin mencoba merek yang baru, jangan malas lakukan riset. Menurut direktur fashion di Lane Crawford, Kelly Wong, banyak yang menganggap bahwa ukuran sama dengan merek lain.

“Setiap merek memiliki ukuran dan pas tidaknya di tubuh yang sedikit berbeda, terutama dengan denim. Jika melakukan riset, kalian dapat menghindari kesalahan-kesalahan ini,” tambahnya.

Kenali merek, gaya, dan detail tertentu yang unik dari pakaian yang akan dipesan. Misalnya, banyak desainer menawarkan pilihan panjang celana dan tumit yang berbeda. Untuk pembelian berikutnya, simpan daftar merek yang telah dibeli sebelumnya dan catat ukuran apa yang pernah dipesan dan kekurangannya.

Periksa Rincian
Gaun merah cantik bisa terlihat seperti sutra di layar komputer, tetapi penampilan bisa menipu. Jadi, periksa komposisi bahan dengan teliti sebelum membeli.

“Kadang-kadang sulit untuk melihat detail kain secara online, ini yang dapat membuat kita kapok belanja online. Penting untuk membaca komposisi kain di situs dan menggunakan zoom dan layar terang jika tersedia,” kata direktur pembelian dan merchandising di Farfetch.com, Candice Fragis.

Melakukan pengukuran juga penting karena ukuran dapat berbeda pada setiap merek. Lupakan bagan ukuran generik dan cari pengukuran terperinci sebagai gantinya. Beberapa situs terkadang memberi informasi mengenai ukuran setiap item yang tersedia. Berhati-hatilah dalam menilai kecocokan suatu barang hanya dengan melihat dari modelnya. Cara seperti ini justru akan membuat Anda mendapatkan barang dengan ukuran yang tidak sesuai.

Aksesoris Memiliki Ukuran yang Beragam
Sama seperti pakaian, aksesori mungkin tampak lebih besar atau lebih kecil saat Anda melihatnya di layar komputer. Meskipun penting untuk melihat dari dekat, Anda juga harus melihat kecocokan aksesoris terhadap ukuran tubuh sehingga mendapat gambaran tentang proporsinya, terutama menyangkut perhiasan dan tas tangan.

“Ketika membeli sepatu secara online, melihat gaya modelnya dengan cermat akan menentukan apakah harus memesan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar,” kata Kingham.

“Misalnya, sepatu open-toe dan sepatu backless, bisa dibeli dengan ukuran yang lebih kecil dan ketika akan membeli sepatu model tertutup pilih ukuran yang sedikit lebih besar untuk kenyamanan,” tambahnya

Jika Ragu, Gunakan Alat yang Tersedia
Meskipun belanja online tidak memberi akses pada penata gaya, tapi masih ada tim ahli dan alat untuk memudahkan pengalaman berbelanja.

Banyak situs belanja online yang memposting ulasan pelanggan yang bisa menjadi petunjuk tentang ukuran, kesesuaian, dan fabrikasi. Sementara editorial online akan memberi gambaran untuk padu padan dengan pakaian yang ada di rumah. Video juga berguna untuk melihat bagaimana item fashion terlihat pada tubuh yang nyata. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.