6 Ciri Handphone Kena Malware

Avatar of PortalMadura.com
6 Ciri Handphone Kena Malware
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika handphone dikhawatirkan terkena malware atau , hal itu bisa terjadi dan patut untuk diwaspadai. Pasalnya, malware di perangkat mobile bisa menjadi cara tindak kriminal yang dengan mudah masuk dan mengambil data pengguna.

Sebenarnya, ada beberapa ciri jika kena hack, seperti yang dikutip detikINET dari Techlicious. Apa saja?.

Berikut ini uraiannya:

Baterai Mudah Berkurang

Baterai ponsel cepat berkurang sebenarnya bisa terjadi karena banyak kemungkinan. Entah karena baterai ponsel yang memang sedang bermasalah atau bisa jadi smartphone Anda tengah disadap.

Jika Anda merasa ponsel Anda sebelumnya baik-baik saja, namun tiba-tiba mengalami masalah tersebut, ada kemungkinan adanya malware atau aplikasi mata-mata yang bisa melakukan pemindaian pada ponsel dan mengirimkan data yang ada di sana ke server yang diinginkan.

Aplikasi Sering Crash

Saat membuka salah satu aplikasi, lalu mendadak mengalami crash atau tiba-tiba layar nge-lag. Hal ini bisa disebabkan malware yang membebani sumber daya ponsel atau berbenturan dengan aplikasi lain. Selain itu, Anda juga bisa mengalami aplikasi yang terus berjalan meski sudah menutupnya. Tanda lainnya adalah ponsel melakukan restart berulang kali.

Baca Juga: Waspada! Ini Cara Ampuh Lindungi Akun Anda dari Hacker

Konsumsi Data Tinggi

Tagihan data yang luar biasa tinggi di akhir bulan juga bisa menjadi tanda lain ponsel Anda disadap atau di-hack. Hal ini bisa berasal dari malware atau aplikasi mata-mata yang berjalan dan mengirimkan informasi kembali ke servernya.

Ada Telepon atau Pesan Mencurigakan

Jika Anda mendapatkan pesan atau telepon yang tidak diketahui, maka Anda sudah harus waspada. Bisa saja ini adalah malware yang berusaha dilakukan pada ponsel untuk mengontak nomor tersebut. Untuk itu, Anda perlu mengecek biaya panggilan, atau biaya apapun yang ada dalam ponsel. Jangan lupa cek juga untuk e-wallet yang ada, apa terjadi pengurangan atau tidak.

Pop-up Misterius

Memang tidak semua pop-up menandakan ponsel Anda di-hack. Tapi pop-up yang muncul terus-menerus ternyata merupakan salah satu indikasi ponsel terinfeksi adware, salah satu bentuk malware yang memaksa perangkat untuk membuka laman tertentu yang mengarah pada revenue melalui klik untuk iklan.

Aktivitas tidak Biasa pada Akun

Tanda terakhir bila hacker sudah berhasil masuk ke smartphone Anda, mereka juga akan bisa mengakses akun yang terintegrasi di dalamnya. Mulai media sosial sampai email atau aplikasi lainnya.

Hal tersebut dapat terungkap dalam aktivitas di akun, seperti tiba-tiba terjadi pengaturan ulang kata sandi, mengirim email, menandai email yang belum dibaca yang tidak pernah Anda baca, atau mendaftar untuk akun baru yang e-mail verifikasinya masuk ke kotak masuk.

Nah, apakah ponsel Anda mengalami tanda-tanda seperti di atas?. Jika iya, Anda perlu memindahkan data pribadi Anda di ponsel dan harus cepat melakukan tindakan selanjutnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.