oleh

6 Tanda Orang Tua Sudah Jadi Contoh Baik untuk Anak

PortalMadura.Com – Orang tua merupakan teladan atau contoh bagi anak-anaknya. Berbagai hal yang mereka lakukan tentu kelak akan dicontoh oleh si kecil. Pasalnya, anak akan belajar banyak hal sejak dini dari orang tuanya.

Maka dari itu, entah itu hal baik atau buruk, orang tua punya peran penting dalam membangun kebiasaan anak, melansir dari Fimela.com, Selasa (15/10/2019). Ada beberapa tanda yang bisa orang tua kenali apakah sudah memberi contoh baik pada anak. Apa saja?.

Berikut enam tanda orang tua sudah menjadi contoh yang baik bagi si kecil:

Mencuci Tangan

Ketika anak sudah mulai mencuci tangan sendiri saat ingin melakukan apa pun, seperti akan beranjak makan atau setelah dari toilet, hal ini menjadi tanda bahwa orang tua sudah mengajarkan kebiasaan baik dan benar pada anak .

Apalagi, anak mulai sering mengingatkan orang tuanya atau orang lain untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum beraktivitas. Ia melakukannya secara sukarela tanpa paksaan.

Membuang Sampah pada Tempatnya

Kebiasaan anak yang membuang sampah pada tempatnya, sebenarnya pembiasaan ini hanya akan ditiru si kecil dari keluarga di rumah. Anak tahu bahwa mereka harus bertanggung jawab membuang sampah setelah makan sesuatu atau menggunakan sesuatu.

Loading...

Menyikat Gigi Sebelum Tidur

Bukan hanya ketika mandi di pagi hari, anak juga terbiasa menyikat gigi sebelum tidur karena kemungkinan besar orang tuanya juga melakukan hal yang sama. Hal ini menjadi tanda pasti bahwa orang tua telah membangun kebiasaan yang baik di rumah.

Baca Juga: 5 Metode Didik Anak Jadi Petualang Tangguh

Menggunakan Sabuk Pengaman atau Helm

Tanpa disuruh, saat anak berkendara dengan mobil, mereka akan segera memasang sabuk pengaman. Atau ketika dibonceng sepeda motor, si kecil akan menggunakan helm. Semua ini karena orang tuanya telah menyiapkan hal-hal tersebut dan membiasakan mereka untuk menjaga keselamatan berkendara.

Olahraga

Biasanya seorang anak sangat aktif dan suka berkegiatan saat umur memasuki golden age. Sebab itu, orang tua yang suka berolahraga maka akan dicontoh oleh anak. Apalagi jika anak sadar bahwa olahraga itu penting untuk kesehatannya dan mereka sukarela melakukannya.

Makan Sayur dan Buah

Orang tua juga harus menyajikan buah dan sayur di rumah, daripada anak harus makan nugget, gorengan, dan mie instan. Hal ini bisa membuat anak lebih suka mengonsumsi dua jenis makanan tersebut tanpa perlu ada paksaan dari orang tua. Kendatipun anak tidak suka makan sayur, paling tidak si kecil menunjukkan ketertarikannya makan buah, itu sudah bagus.


Rewriter : Salimah
Sumber : fimela.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar