oleh

7 Istilah di Dunia PNS yang Perlu Anda Tahu

PortalMadura.Com – Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentu keinginan hampir semua orang. Mengapa demikian? Karena mereka beranggapan menjadi PNS akan mendapat gaji yang besar, tunjangan dan uang pensiun setelah masa kerja selesai. Selain itu, pekerjaan yang tidak begitu berat menjadikan banyak orang yang sangat berambisi untuk menjadi PNS.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang PNS sebaiknya perlu memahami beberapa istilah yang familiar di kalangan PNS. Sebagimana dilansir PortalMadura.Com, Minggu (25/8/2019) dari laman okezone.com yang mengutip dari beberapa sumber. Apa saja?

Berikut ini ulasannya:

RDK (Rapat Dalam Kantor)

Bekerja menjadi PNS pasti tidak jauh-jauh dari kegiatan rapat untuk menentukan sebuah program kerja. RDK juga lebih familiar dengan sebutan rapat di luar jam kerja.

Menariknya, ketika ada kegiatan RDK para PNS senang bukan kepalang. Walau harus lembur, mereka dapat tambahan uang insentif yang sudah ditentukan oleh Kementerian Keuangan.

SK PNS (Surat Keputusan Pegawai Negeri Sipil)

Saat menjadi PNS, seseorang akan mendapatkan SK PNS yang menjadi tanda pengangkatan jabatan. SK ini sangat berharga untuk mereka, sampai-sampai menjadi jaminan pinjam uang di bank.

Kalau ada SK, bank pun merasa yakin bahwa seorang PNS dapat melunasi utang kredit pinjamannya, sampai jangka panjang. Istilah awamnya SK tersebut disekolahkan ke bank untuk menjamin hidupnya. Hingga sekarang, fenomena ini banyak dilakukan di kalangan PNS.

Tukin (Tunjangan Kinerja)

Bekerja menjadi PNS enaknya dapat banyak tunjangan, salah satunya tukin (tunjangan kinerja). Setiap pegawai yang mencapai target kerja sesuai harapan, pasti dapat guyuran tukin. Besarannya sesuai dengan tingkat jabatan alias golongan masing-masing PNS.

Loading...

Baca Juga: Laka Madura, Dua Warga Bangkalan Meninggal di Beda TKP

Gapok (Gaji Pokok)

Setiap PNS akan mendapatkan gapok setiap bulan yang ditetapkan langsung oleh presiden. Setiap golongan pasti akan mendapatkan besaran gapok yang berbeda-beda.

Selain itu, besaran gapok juga disesuaikan dari masa kerja. Semakin lama jadi PNS, gapoknya pasti besar.

DL (Dinas Luar)

Jadi PNS enaknya sering pergi ke luar kota untuk dinas. Biasanya mereka harus mendampingi pimpinan atau langsung sekelas menteri. Dalam sebulan, PNS pasti akan pergi DL. Menariknya, mereka dapat akomodasi dan transportasi cuma-cuma “dibayar” negara.

Eselon

Dalam jabatan PNS, pasti Anda mendengar istilah eselon. Eselon dalam KBBI berati tingkatan jabatan kerja. Terbagi atas empat golongan yakni eselon V, eselon IV, eselon III, eselon II dan eselon I. Di luar itu, ada juga orang yang mendapatkan jabatan fungsional serta tenaga honorer yang membantu para pejabat eselon.

Karo (Kepala Biro)

Dalam instansi pemerintah, pasti ada banyak biro atau bagian-bagian kerja yang punya tugas masing-masing. Nah, pimpinannya sering dijuluki Karo alias kepala biro.

Ada beberapa biro di dalam instansi pemerintahan, seperti biro kepegawaian, biro umum, biro perencanaan dan tata laksana, biro humas, dan masih banyak lagi.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar