oleh

79 Surat Suara Pemilu 2019 di Sampang Rusak

PortalMadura.Com, Sampang – Sedikitnya 79 Surat Suara (SS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang disortir dan dilipat di Gedung Olahraga (Gor) indoor Jalan Wahid Hasyim, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, ditemukan rusak.

“Jenis kerusakan pada surat suara itu, berupa warna gambar calon DPD RI yang buram atau kurang cerah, dan robek,” kata pengawas pelipatan logistik, Saliem, Kamis (28/2/2019).

Menurutnya, kerusakan surat suara dimungkinkan bisa bertambah karena proses sortir dan pelipatan akan berlangsung hingga sepuluh hari.

Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sampang, Divisi Penindakan Pelanggaran, Yunus Ali Ghafi, mengaku belum menerima laporan atas kerusakan surat suara Pemilu.

Loading...

“Kami tidak menerima laporan kerusakan surat suara. Tetapi, surat suara untuk Pemilihan Presiden sudah selesai 100 persen,” katanya.

Saat ini, Koordinator Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dari Bawaslu dan anggota Polres Sampang melakukan pengawasan untuk memastikan kelancaran kegiatan sortir dan pelipatan surat suara serta mengantisipasi suatu hal yang tidak diinginkan.

Kasubbag Humas Polres Sampang, Ipda Eko Puji Waluyo menurunkan petugas keamanan menyebar pada tempat pelipatan surat suara.

Ada 25 personel yang bertugas di Gor indoor Jalan Wahid Hasyim dan 15 personel di salah satu gudang Kapra Jalan Makboel.

“Jumlah personel dari dua tempat bertugas dibagi tiga kelompok untuk menjaga proses pelipatan surat suara secara bergantian pada pagi dan malam hari,” pungkasnya.


Penulis : Rafi
Editor : Agnes Hafilda Kusuma

Komentar