Minim Pengalaman? Ini 5 Cara untuk Membimbingmu Sukses Mendapat Pekerjaan

Avatar of PortalMadura.com
Mencari pekerjaan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki yang sesuai dengan bakat kita memanglah impian setiap orang. Dengan bekerja, tentunya kita dapat menunjang kehidupan kita menjadi lebih baik lagi. Walaupun dengan penghasilan minim dan pekerjaan yang sebenarnya tidak sesuai dengan bakat kita, setidaknya kita sudah berusaha dan merubah kehidupan kita dengan usaha yang sebenar-benarnya.

Dilansir dari Study Breaks, berikut ini merupakan tips untuk mendapatkan pekerjaan walaupun kamu minim pengalaman.

Temukan kemampuan dan talenta yang sesuai

Saat interview kerja, Anda mungkin bingung akan bercerita bagaimana Anda betul-betul memahami job description jika tidak punya pengalaman. Jangan khawatir, gali sedalam-dalamnya kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin dilamar dan ceritakan sebagaimana Anda menceritakan pengalaman.

Contohnya, Anda melamar jadi marketing, namun tidak pernah berjualan. Anda yakin Anda bisa melakukan persuasi dan negosiasi pada orang lain.

Ceritakan bagaimana Anda merasa yakin, apakah sebelumnya Anda pernah berbicara dan orang-orang mengiyakan kata-kata Anda? Apakah Anda tipe orang yang mudah bergaul? Jika ya, ceritakan hal itu dan kaitkan bagaimana sikap Anda bisa membuat marketing perusahaan yang dituju bisa sukses.

Buat Surat Lamaran yang mengesankan

CV saja tidak cukup meyakinkan rekruter bahwa Anda pantas untuk bekerja di perusahaan itu. Surat lamaran menjadi wadah bercerita Anda tentang bagaimana Anda mendapatkan kemampuan hingga jadi seperti ini, atau bagaimana latar pendidikan Anda dan apa relevansinya terhadap posisi yang dilamar.

Hal yang perlu diingat adalah jangan tulis satu surat lamaran untuk melamar berbagai posisi pekerjaan. Setiap pekerjaan dan perusahaan tentu memiliki karakter dan fokus yang berbeda.

Seimbang saat menceritakan diri Anda

Saat interview, Anda sebisa mungkin harus menceritakan diri dengan seimbang. Jangan terdengar sombong, namun jangan rendah diri. Cukup buktikan bahwa Anda mampu melakukan pekerjaan dengan kemampuan yang dimiliki.

Banyak kasus dimana pencari kerja yang tidak ingin dianggap sombong malah justru merendahkan diri dan menyerahkan semuanya pada perusahaan. Gaji, penempatan, promosi dan lainnya. Mereka menjawab “perusahaan yang tahu berapa gaji yang cocok untuk saya”. Padahal itu salah besar.

Mencari pengalaman

Mencari pengalaman bukan hanya dari bekerja. Anda bisa ikut magang untuk merasakan budaya kerja. Ada magang berbayar bisa diikuti, tapi jika ingin benar-benar memahami seluk beluk perusahaan, ikutlah magang di perusahaan start-up.

Perusahaan start-up biasanya memberikan pengalaman yang berkesan, karena Anda turut menjadi saksi dalam jatuh bangunnya sebuah bisnis. Gunakan magang di perusahaan start-up sebagai modal untuk menceritakan diri saat wawancara di perusahaan idaman.

Bangun jaringan

Mengenal banyak orang yang memiliki koneksi di tempat kerja memungkinkan Anda bekerja di sana. Mereka mungkin saja akan merekomendasikan Anda karena mengenal Anda dengan baik.

Meski tidak punya pengalaman, mereka akan menyebutkan kemampuan-kemampuan utama yang berkaitan dengan posisi pekerjaan, jadi memiliki skill tetaplah merupakan kunci.

Nah, Itulah beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan meski kamu memiliki pengalaman yang minim. Semoga bermanfaat, selamat mencoba guys!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.