oleh

Ada Teman yang Sirik pada Anda? Ini Cara Bijak Mengatasinya

PortalMadura.Com – Dalam kehidupan manusia pastinya tidak lepas dari adanya interaksi satu sama lain. Adanya interaksi tersebut terkadang timbul sebuah perasaan tertentu yang tidak mengenakkan, misalnya rasa kesal, iri hati (sirik) atau bahkan kebencian.

Sikap ini tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman, apalagi dia adalah teman Anda sendiri. Dengan demikian, Anda harus mengambil sikap yang tepat dan bijak agar hubungan dengan teman Anda tidak menjadi rusak karena hal yang kecil.

Lantas, bagaimana cara menyikapinya secara bijak? Simak berikut ini:

Jangan Terlalu Sering Berinteraksi Alias Jaga Jarak
Jika kendaraan di jalan raya saja harus jaga jarak agar tidak terjadi tabrakan, begitupun dengan hubungan antar sesama. Awalnya biasa aja, kemudian akrab dan semakin akrab, lalu salah satunya ingin menjadi seperti temannya, dan jika tidak kesampaian & kurang bisa menjaga hati, iri menjadi hasil akhirnya. Serem kan?. Itu sebabnya, jaga jarak itu tetap perlu dilakukan.

Jangan Terlalu Sering Menceritakan Hal-hal Pribadi Tentang Diri Sendiri
Mungkin tujuan Anda baik yakni ingin berbagi kebahagiaan dan menganggap orang yang akan Anda kasih cerita tersebut adalah bagian penting dari hidup Anda. Namun, tidak semua orang bisa menangkap hal itu. Jika sesekali bercerita tentang diri sendiri ya wajarlah. Tapi kalau setiap detik, hati-hati bisa berpotensi bibit penyakit hati. Itu sebabnya, Anda perlu memilah mana yang akan diceritakan dan tidak.

Jangan Terlalu Transparan Memberi Tahu Apa yang Anda Miliki
Tidak semua orang mengerti bahwa dibalik kesuksesan pasti ada air mata perjuangan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda tidak terlalu mengekspos apa saja yang sudah Anda miliki semisal rumah, mobil, tanah, atau yang lain. Biarkan mereka tahu dengan sendirinya saja.

Ada kelompok manusia yang meremehkan orang yang menurut dia tidak selevel dan menganggap orang yang berada di atasnya itu sombong. Nah, ribet kan. Jadi intinya, biasa saja dalam menjalani kehidupan ini, jangan terlalu transparan kepada orang lain.

Kehidupan Pribadi Bukanlah Konsumsi Publik
Bukannya su’udzon, tapi kenyataannya tidak semua orang bahagia atau butuh update info kehidupan pribadi orang lain. Jadi pilah-pilahlah dalam memberi informasi pada orang lain, mana yang menurut Anda baik dan tidak.

Demikian beberapa tips bijak yang bisa Anda coba untuk menyikapi seseorang yang iri atau syirik pada Anda. Intinya, jangan terlalu menyebarluaskan informasi pribadi yang Anda miliki, karena akan berpengaruh atau memicu masalah pada orang lain. Mungkin orang lain tidak secara langsung menunjukkannya, tapi dibelakang Anda mungkin iya. Bersikaplah dengan benar dan hadapi dengan cara yang benar pula. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pribadi yang membawa diri, aamiin.  (ummi-online.com/Putri)