oleh

Cara Ajarkan Anak Membersihkan Kamar Tidurnya Sendiri

PortalMadura.Com – Kebersihan dan kerapian kamar merupakan hal penting untuk kenyamanan maupun kesehatan bagi tubuh anak. Biasanya Anda yang selalu membersihkan kamarnya. Namun hal itu membuatnya mengandalkan orang akan kebersihan ruang tidurnya.

Sebagai orang tua Anda harus memberi pengertian bahwa kamar tidur adalah ruang utama bagi anak. Seharusnya Anda mengajarkan agar menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri mereka.

Dilansir dari laman Appletreebsd.Com, Jumat (7/8/2020), berikut ini cara efektif mengajarkan anak membersihkan kamar tidurnya sendiri.

Merapikan Mainan

Sebagai tahap awal, Anda bisa membujuk anak untuk melakukan sesuatu yang mudah dahulu. Anda bisa membantunya merapikan mainan-mainan yang berserakan di kamar dan menempatkan kembali di tempat semula. Cara ini diharapkan agar ia terbiasa merapikan bahkan membersihkan ruangan kamarnya.

Merapikan Tempat Tidur

Lihatlah perkembangannya dalam merapikan mainan-mainannya di kamar, jika berhasil Anda bisa melanjutkan untuk kegiatan berikutnya untuk mengajak anak merapikan tempat tidur, mulailah melipat selimut, meratakan bantal dan guling. Setelah itu baru menata seprai dan menyapu bagian lantai, yang terpenting perlahan tapi pasti.

Mainkan Lagu Kesukaan Anak

Saat Anda mengajari anak membersihkan kamar tidur, terkadang rasa bosan dan malas datang secara tiba-tiba. Jika hal itu terjadi, Anda bisa menyiasatinya dengan memutarkan lagu kesukaan mereka. Jika perlu, ajak ia bernyanyi dan berjoget bersama sambil bersih-bersih. Hal itu membuat anak akan kembali gembira dan bersemangat. Bersih-bersih pun jadi tidak membosankan.

Abadikan Semangat Anak Saat Merapikan Kamar

Anda bisa mengabadikan anak yang sedang merapikan kamar tidurnya dan menunjukkannya setelah selesai. Cetak dan bingkai foto terbaik, lalu pajang di kamar si kecil. Anda juga bisa memotret keadaan kamar anak sebelum dan setelah dirapikan. Kemudian tunjukkan perbedaannya pada anak.

Berikan Apresiasi atas Kerja Kerasnya

Saat membersihkan kamar tidur sendiri patut dihargai. Sebagai bentuk apresiasi, Anda bisa memberika hadiah berupa mainan kesukaannya atau memasak makanan kesukaannya. Anda juga bisa mengajak anak untuk jalan-jalan di hari libur ke tempat-tempat favorit mereka. Hal itu membuat ia lebih semangat untuk merapikan kamarnya.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : appletreebsd.com

Komentar