oleh

4 Cara Ajarkan Anak untuk Berbagi dengan Orang Lain

PortalMadura.Com – Berbagi adalah hal sederhana yang terkadang sulit dilakukan, bahkan oleh orang dewasa sekalipun. Anak-anak biasanya tidak mau berbagi mainan atau makanan dengan teman dan saudara mereka. Mungkin karena mereka tidak mengerti mengapa mereka harus berbagi dan seperti apa itu berbagi.

Namun, Anda tak perlu khawatir, mengajarkan anak untuk berbagi dengan teman dan orang lain di sekitarnya tidaklah sulit asal tahu caranya. Dilansir dari laman Fimela.Com, Selasa (11/8/2020), berikut ini beberapa cara untuk mengajarkan anak berbagi kepada orang lain.

Berikan Contoh yang Baik

Sejak dini anak harus di ajarkan kebaikan. Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang mau berbagi pada orang lain. Anda bisa melakukan dengan cara sederhana.

Misalnya Anda memiliki camilan, tawarkan padanya. Berikan contoh kepada anak tentang berbagi. Ini akan menumbuhkan perilaku anak mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya.

Pastikan Anak Mengerti Tentang Berbagi

Sebelumnya Anda harus beri mereka pengertian tentang berbagi. Saat mereka berbagi mainan dengan seseorang, mereka tidak dapat menyimpannya selamanya. Jika tidak ingin memberikan boneka kesayangan, setidaknya ajarkan anak untuk meminjamkan barang yang mereka miliki kepada orang lain.

Manfaatkan Peluang Mengajar

Terkadang Anda mengalami kesulitan saat anak lain tidak mau berbagi sesuatu dengan anak Anda. Tapi sebenarnya hal itu bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk mengajarkan anak. Mintalah anak menempatkan dirinya pada posisi temannya untuk mencari tahu mengapa temannya tidak mau berbagi.

Bersabar

Bersabar adalah kunci utama dalam mengajarkan hal positif pada anak. Waktu adalah penyeimbang yang hebat. Ketika si kecil mengembangkan keterampilan sosial dan menjalin pertemanan, ia akan segera menyadari bahwa berbagi itu menyenangkan dan bahwa berbain dengan boneka favoritnya dengan teman jauh lebih baik daripada bermain sendirian.

Mengajarkan anak untuk berbagi kepada orang lain dapat dilakukan sejak dini. Perilaku ini lambat laun akan berkembang seiring bertambahnya usia anak.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE