oleh

Ajarkan Si Kecil Memakai Baju Sendiri Dengan Mudah

PortalMadura.Com – Memakai baju bagi anak mungkin sebuah kesulitan sendiri. Sebagai orang tua sangat penting untuk mengajarkan anak memakai baju sendiri. Hal itu dapat menumbuhkan kemandirian dan rasa percaya diri pada anak.

Dilansir dari laman Hellosehat.Com, Minggu (2/8/2020), berikut ini cara mudah untuk mengajarkan anak memakai baju sendiri.

Mulai dengan Pakaian Sederhana

Cobalah dengan pakaian yang sederhana seperti kaus longgar atau celana dengan bahan karet elastis di bagian pinggang. Setelah itu beri tahu sisi mana yang ada di depan maupun di belakang. Tunjukkan bahwa yang ada gambarnya itu bagian depan.

Selanjutnya pakai kaus dengan memasukkan kepada melalui lubang leher terlebih dahulu, dilanjutkan dengan memasukkan kedua tangan melewati lengan baju. Setelah memakai kaus, lanjutkan dengan mengajari anak menggunakan celana. Masukkan kedua kaki ke dalam dua lubang celana yang ada di bawah, lalu tarik celana sampai pinggang. Untuk mempermudah, si kecil bisa melakukannya dengan posisi duduk agar ia tidak perlu susah payah menjaga keseimbangan tubuhnya.

Letakkan Pakaian di Tempat yang Mudah di Jangkau

Sebaiknya letakkan pakaian di tempat yang terjangkau agar memudahkan proses belajar anak supaya bisa memakai baju sendiri. Anda bisa menyimpannya di dalam lemari besar, siapkan baju yang akan di pakai besok dan letakkan di atas kursi atau di laci samping tempat tidur.

Lihat dan Tirukan

Praktek akan mempermudah proses belajar agar lebih paham. Beberapa anak akan lebih cepat belajar ketika melihat contoh. Anda bisa menggunakan pakaian di depan anak dan biarkan dia meniru apa yang Anda lakukan. Lakukanlah secara perlahan sembari dijelaskan agar anak mudah memahaminya.

Hargai Pilihan Anak pada Pakaian yang Ingin Dikenakan

Ketika anak sudah semakin lancar saat memakai baju sendiri, tumbuhlah keinginan untuk menggunakan pakaian dengan jenis yang berbeda. Mulai dari gaun dengan rok yang mengembang, kemeja dengan warna yang mencolok, sampai tambahan aksesoris seperti topi dan kacamata gaya.

Hal tersebut membuat anak mulai memiliki selera sendiri untuk pakaiannya. Biarkan anak memilih sesuai dengan selera mereka. Perilaku tersebut adalah salah satu bentuk ekspresi kebanggaan si kecil karena sudah berhasil melewati satu tahap menjadi lebih mandiri. Anda tetap dapat membimbingnya dengan menyarankan baju yang sesuai dengan kondisi cuaca atau acara tertentu.

Beri Dukungan dan Semangat

Jangan kecewa jika anak Anda masih sering melakukan kesalahan seperti baju yang terbalik atau kancing yang tidak terpasang dengan benar. Perbaiki kesalahannya dengan perlahan, Anda juga bisa bantu menggerakkan tangannya saat mengancing baju atau mengikat tali sepatu.

Setiap perkembangan kecilnya juga patut dihargai. Meski belum sempurna, kalimat dukungan seperti “Wah, adek hebat sudah bisa pakai celana sendiri!” hal itu tentunya akan membuat anak semakin semangat untuk terus belajar memakai baju sendiri.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : hellosehat.com

Komentar