oleh

Aktivis PMII dan HMI Minta Dinsos Bangkalan Serius Lakukan Validasi KPM BPNT

PortalMadura.Com, Bangkalan – Aktivis mahasiswa yang tergabung pada PMII dan HMI Bangkalan, Madura, Jawa Timur meminta Dinas Sosial (Dinsos) setempat serius dalam melakukan pendataan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Ketua PMII Cabang Bangkalan, Baijuri Alwi proses verifikasi data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hendaknya melibatkan tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaan agar program bantuan tersebut tepat sasaran dan efektif.

“Yang sudah terjadi harus dijadikan pelajaran. Dulu melakukan memfixkan data dengan pihak kecamatan, sekarang dengan pihak kecamatan lagi, bukannya datanya nanti monoton?,” katanya.

Menurutnya, keterlibatan tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaan akan lebih efektif, kecuali memang pihak Dinsos sudah sengaja. “Selama ini, kami tidak pernah mendengar itu yang namanya pendataan sampai kebawah,” ujarnya.

Senada disampaikan Ketua HMI Bangkalan, Abdus Salam. “Harus menverifikasi dengan detail dan semaksimal mungkin. Terkadang data yang diajukan dari bawah tidak sesuai. Yang gak mampu gak dapat, yang mampu justru dapat bantuan,” ujarnya.

Maka harus betul-betul melakukan validasi data penerima bantuan BPNT.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial, Dinas sosial (Dinsos) Bangkalan, Didik Januardi, menjelaskan, penerima KPM BPNT di Bangkalan tercatat sebanyak 93.575.

“Ini data sementara. Dan kemungkinan akan bertambah, karena verifikasi faktual hingga kini masih berlangsung,” jelasnya.

Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) bersama pihak kecamatan sedang bergerak untuk melakukan verifikasi data penerima BPNT.

“Kami lakukan verifikasi ulang ini untuk mengetahui kondisi sebenarnya data penerima bantuan, semisal ada yang meninggal dunia atau pindah ke luar Bangkalan,” tandasnya.


Penulis : Imron
Editor : Nurul Hijriyah

Komentar