Anda Sering Di-bully di Kantor? Lakukan 3 Cara Cerdas Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Anda Sering Di-bully di Kantor? Lakukan 3 Cara Cerdas Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Politik di tempat kerja merupakan suatu realitas yang harus setiap orang hadapi. Mau tidak mau, mereka perlu ikut bermain dalam permainan itu. Bullying menjadi salah satu bagian dari politik di tempat kerja. Hal ini pun sangat berbahaya dan dapat merusak mental seseorang.

Biasanya, demi meraih kemenangan atau bisa tampil lebih menonjol di tempat kerja, banyak orang yang melakukan bully terhadap sesama rekan kerja. Untuk itu, belajar menangani si pengganggu di tempat kerja dan berusaha memahami mereka menjadi hal penting dalam .

Lalu, apakah Anda pernah atau sedang mengalaminya?. Jika hal ini terjadi pada Anda, lakukan cara berikut ini:

Bangun Basis yang Kuat
Anda perlu membangun basis yang kuat dengan teman yang lain. Pengganggu memang berhasil menghancurkan kredibilitas Anda, tapi tidak dengan rekan-rekan kerja Anda, sehingga memiliki orang-orang yang akan mendukung Anda dalam keadaan apapun sangatlah penting.

Tunjukan bahwa Anda merupakan seorang pekerja keras di hadapan rekan-rekan kerja yang lain. Jika ada seseorang berbicara buruk tentang Anda, mereka adalah orang yang pertama berdiri membela Anda.

Pertahankan Standar yang Tinggi
Jangan biarkan si pembully punya celah untuk merendahkan Anda di kantor, karena mereka akan menjerumuskan Anda ke bawah, bahkan ke yang lebih keras. Pertahankan standar yang tinggi dalam pekerjaan, yang menunjukan Anda punya kelas sebagai karyawan yang berkompeten dan mampu.

Jalin Komunikasi dengan Atasan
Komunikasikan semua kekhawatiran Anda kepada atasan. Menjalin percakapan yang ramah dan positif akan menunjukan kontribusi Anda kepada perusahaan. Jika beruntung memiliki bos yang baik, atasan Anda akan mengakui nilai pekerjaan Anda dan membantu Anda untuk menemukan solusi dari bullying yang menimpa Anda.

Saat semua usaha gagal, satu-satunya jalan yang perlu Anda lakukan adalah mencari pekerjaan baru. Namun, jangan dulu meninggalkan pekerjaan Anda sebelum menemukan penggantinya. Mencari pekerjaan baru adalah kesempatan besar untuk menjelajahi karier Anda selanjutnya yang bahkan belum pernah Anda coba.

Jadikan bullying yang menimpa Anda menjadi pengalaman untuk lebih siap dan mudah. Selain itu, agar Anda dapat mencegah dan menangani segala bentuk intimidasi yang menghampiri Anda di tempat kerja. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.