oleh

Anda Tak Ingin Jadi Bahan Gosip di Kantor? Perhatikan 5 Hal Ini

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com – Membicarakan orang lain atau yang lebih dikenal dengan sebutan gosip memang tidak pernah kenal waktu dan tempat. Bahkan, di tempat kerja pun tidak menjamin seseorang akan sepenuhnya aman dari gosip. Sebab, kebiasaan buruk ini merupakan hal yang biasa terjadi dalam hidup.

Lebih buruknya lagi, seseorang yang menceritakan sesuatu tentang orang lain kepada rekan kerjanya, dan dalam waktu sekejap hal tersebut bisa menyebar ke seluruh kantor. Sehingga, ini menjadi hal yang menyakitkan. Apalagi jika Anda yang menjadi bahan gosip. Tentu menjadi bahan gosip bisa merusak hari kerja Anda.

Selain itu, Anda bisa menjadi tidak fokus dalam perkerjaan dan membuat Anda menjadi tidak betah berada di kantor. Lantas, apa yang harus dilakukan agar tidak menjadi bahan gosip?.

Berikut lima hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak menjadi bahan gosip di kantor:

Jangan Terlalu Sering Menyebarkan Informasi
Apa yang terjadi bila Anda membawa seluruh kehidupan pribadi ke kantor?. Jika Anda berbagi setiap detail tentang hidup dengan rekan kerja termasuk masalah keluarga, kehidupan cinta, masalah perkawinan atau kesulitan keuangan, itu sama saja dengan memberikan bahan gosip secara gratis pada rekan kerja.

Namun, ini bukan berarti Anda akan bebas menjadi bahan gosip jika tidak menceritakan apapun kepada mereka. Sebab, “tukang gosip” kerap bisa menemukan celah cerita, sekecil apa pun itu. Tapi, setidaknya Anda tidak memberikan bahan gosip secara gratis pada mereka dengan terlalu banyak menceritakan kehidupan pribadi.

Jika Anda harus memiliki seseorang untuk diajak bicara di tempat kerja, cobalah untuk menemukan orang yang bisa dipercaya. Idealnya orang tersebut seharusnya bukanlah atasan atau bawahan Anda, karena berbagi informasi pribadi dalam posisi semacam itu dapat memengaruhi hubungan kerja.

Loading...

Hindari Hubungan Asmara dengan Rekan Kerja
Selain membagi informasi pribadi, salah satu hal yang membuat Anda lebih berisiko menjadi bahan gosip di tempat kerja adalah mencampurkan kehidupan pribadi dengan kehidupan kerja. Yah, itulah risiko yang terjadi jika Anda berkencan dengan rekan kerja.

Sangat sulit menyembunyikan hubungan asmara Anda dengan rekan kerja. Apalagi, jika teman kerja lainnya seringkali melihat kalian berdua selalu bersama.

Jaga Emosi Anda
Jangan tunjukkan emosi Anda saat Anda kehilangan kesabaran pada rekan kerja Anda. Mereka mungkin merasa sangat terhibur saat melihat Anda marah dan pasti semakin menjadikan Anda bahan gosip. Mereka justru akan semakin bahagia saat wajah Anda memerah karena amarah, tangan mulai gemetar dan kata-kata kotor mengalir deras dari mulut Anda.

Di kemudian hari, mereka akan membicarakan ledakan emosi Anda itu di belakang Anda. Yah, emosi hanya akan membuat Anda menjadi bahan gosip yang pas untuk mereka.

Perhatikan Perilaku Anda di Luar Pekerjaan
Mungkin Anda berpikir bahwa perilaku Anda di luar pekerjaan bukanlah urusan mereka. Tapi, saat rekan kerja Anda tanpa sengaja melihat perilaku Anda di luar kantor, hal ini akan menjadi bahan gosip yang efektif.

Anda tidak akan tahu siapa yang akan dihadapi di saat waktu yang tidak tepat. Anda juga tidak akan tahu siapa yang diam-diam melihat unggahan Anda di media sosial. Jadi sebaiknya, Anda tetap menjaga perilaku Anda saat berada di luar kantor agar terbebas dari gosip miring.

Hati-hatilah dengan Cara Anda Berpakaian
Mereka yang memakai pakaian tidak pantas saat bekerja benar-benar akan menjadi pusat perhatian, tentu saja dengan cara yang negatif. Cara Anda berpakaian yang tidak sopan bisa saja menimbulkan asumsi buruk bagi rekan kerja Anda.

Begitu mereka mendapatkan bahan gosip di kepalanya, mereka yang suka bergosip akan melancarkan “serangan” yang bisa saja merusak reputasi Anda. Jadi, jika Anda tidak ingin memberi “amunisi” gosip untuk mereka, cobalah berpakaian sopan dan pantas saat ke kantor. (kompas.com/Salimah)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar