APBD 2017, Sumenep Anggarkan Pembuatan Kapal Rp31 Miliar

Avatar of PortalMadura.Com
Hadi Soetarto
Hadi Soetarto

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menganggarkan pembuatan untuk melayani ke sejumlah kepulauan di sebesar Rp31 milyar.

Alokasi anggaran pembuatan kapal tahan ombak itu tertuang dalam kesepakatan antara Bupati dan DPRD pada Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

“Setiap pengadaan tahun jamak atau multy years memang harus diawali kesepakatan antara Bupati dan DPRD dalam KUA-PPAS, sehingga pengadaan kapal tersebut dapat disepakati dalam pembahasan anggaran tersebut,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep, Hadi Sutarto, Rabu (28/12/2016).

Menurut Sekda, dana yang disiapkan pada APBD 2017 sekitar Rp31 miliar itu dinilai masih kurang, sehingga pada tahun 2018 akan dianggarkan kembali sekitar Rp8 miliar.

“Sesuai desain yang dibuat Institute Tekhnologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, pengadaan kapal tahan ombak diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp39 miliar,” ucapnya.

Ia menerangkan, kapal yang akan dibuat itu bakal dirancang mampu menampung minimal 300 orang, mengangkut barang dengan berat mencapai 100 ton dan minimal 10 unit kendaraan roda empat.

“Kapal tersebut juga dirancang memiliki kemampun melaju dengan kecepatan 15-20 knot perjam,” tegasnya. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.