Bapeten Pastikan Benda Yang Jatuh di Pulau Gili Raja Sumenep Tak Berbahaya

Avatar of PortalMadura.Com
Pemeriksaan Benda Asing di Polres Sumenep
Pemeriksaan Benda Asing di Polres Sumenep

PortalMadura.Com, – Badan Pengawas Tenaga Nuklir ()- lembaga pemerintah non kementerian- memastikan jika benda yang jatuh di Pulau Gili Raja, Kecamatan Gili Genting, Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak mengandung zat berbahaya.

Kasubdit Kesiap Siagaan Bapeten, Mohammad Ridwan, di Sumenep mengungkapkan, bahwa berdasarkan hasil investigasi di lapangan tidak ada paparan radiasi nuklir di obyek yang jatuh itu.

“Kami ukur dengan alat ukur yang berbeda-beda. Hasilnya, tidak mengandung zat berbahaya,” tegas Ridwan, yang diundang khusus oleh pihak LAPAN untuk melakukan investigasi.

Karena dinyatakan bebas dari radiasi nuklir, maka tim LAPAN telah melakukan koordinasi dengan untuk membawa barang tersebut ka Kantor Pusat LAPAN di Bandung.

“Obyek maupun serpihan kecil yang sudah diamankan tidak mengandung radiasi,” ujarnya.

Sebelumnya, sekitar pukul 09.30 WIB, Senin (26/9/2016) warga Sumenep mendadak heboh dengan kabar adanya pesawat jatuh di Pulau Gili Raja, Kecamatan Gili Genting. Benda asing itu, dikira badan pesawat jatuh ke laut dan terbakar, dan bagian-bagian pesawat jatuh ke daratan.

Benda asing itu ditemukan di lima titik, diantaranya benda putih jatuh di Desa Jati, Gili Raja, Kecamatan Geli Genting. Lokasi kedua, ditemukan Joni (55) warga Desa Lombang, mirip drum aspal berwarna hitam, menimpa kandang sapi miliknya.

Lokasi ketiga, benda mirip drum warna hitam ditemukan di perairan Desa Lombang yang ditarik oleh warga Bluto. Keempat, ditemukan benda yang menyerupai radiator dalam keadaan hangus terbakar di Desa Bringsang, Kecamatan Gili Genting. Benda tersebut, ditemukan oleh Rajab (40) warga setempat.

Kemudian, benda mirip drum warna hitam lagi ditemukan di Desa Lombang oleh Subali (30), warga setempat.

Sementara, Tim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memastikan tidak ada bahan yang membahayakan pada bagian yang jatuh di Pulau Gili Raja, Kecamatan Gili Genting, Sumenep.(Bahri/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.