Beda Karakter Beda Rasa, Ini 4 Jenis Potongan Daging Steak yang Perlu Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
Beda Karakter Beda Rasa, Ini 4 Jenis Potongan Daging Steak yang Perlu Diketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Membuat steak ternyata bisa dihasilkan dari empat jenis daging sapi yang berbeda. Dari perbedaan tersebut akan memengaruhi karakter dan rasa steak yang dihasilkan.

Sebagaimana menurut pengamat kuliner, Kevindra Soematri, ada beberapa jenis potongan daging steak yang memengaruhi karakter dan rasanya. Apa saja?.

Berikut ini uraiannya:

Pertama, Ribeye, yakni bagian daging sapi sekitar tulang iga atau tulang rusuk yang lebih lembut dan lemak. Daging Ribeye memiliki tekstur yang lembut dan beraroma. Kandungan lemak di dalamnya membuat daging lebih lezat.

Kedua, T-Bone. Bagian daging ini adalah bagian yang paling lengkap dan istimewa karena memiliki lapisan lemak, daging yang lembut, dan tulang. Daging T-Bone terdapat di-filet tenderloin dan sisi lain pinggang atas sapi.

Ketiga, Striploin atau Sirloinatau, yang disebut pula has luar. Bagian daging sapi ini berasal dari bagian bawah daging iga, terus sampai ke bagian sisi luar has dalam. Daging sirloin memiliki tekstur yang halus dengan lapisan lemak yang juicy. Potongan daging ini dinilai ideal untuk dibuat steak karena ukuran dan bentuknya yang besar.

Keempat, Tenderloin, bagian ini memiliki daging yang empuk dan halus dengan kandungan lemak yang rendah. Daging Tenderloin ini adalah potongan daging yang paling termewah dan lebih cocok dinikmati dengan proses pemasakan singkat.

Selain karakter yang terdapat pada daging, Anda bisa melihat kualitas daging lewat marbling. Marbling, yaitu garis-garis putih yang terdapat pada daging seperti lemak.

Baca Juga: Menu Senin: Resep Steak Daging Sapi Empuk, Maknyus

“Daging steak berkualitas memiliki tekstur yang lembut serta tingkat marbling yang baik. Marbling adalah kandungan lemak yang ada pada daging steak. Semakin banyak marbling pada daging, maka daging tersebut lebih lembut dan juicy,” ujar Kevindra.

Tidak kalah pentingnya lagi, melihat kesegaran warna daging yang akan Anda konsumsi. Jika warna merah pada daging pudar, berarti kualitas pada daging yang Anda konsumsi kurang baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.