oleh

Beri Apresiasi, Bupati Sampang Hadiri Penutupan Upacara TNI TMMD Ke- 105

PortalMadura.Com, Sampang – Bupati Sampang, Madura, Jawa Timur, H. Slamet Junaidi menghadiri upacara penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019.

Kegiatan penutupan TMMD dilaksanakan di lapangan Wijaya Kusuma, Kabupaten Sampang, Kamis 8 Agustus 2019.

Laksma TNI Akhmadi Heri Purwono, SE. MM (Kepala Staf Komando Armada II) menyampaikan, TMMD merupakan program lintas sektoral, yang telah dilaksanakan sejak tahun 1980, dan bagian dari kegiatan Pembinaan Karakter (Binter).

Hal itu dalam rangka pemberdayaan pertahanan wilayah darat, guna membantu tugas-tugas pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pelaksanaan kegiatan TMMD setiap tahun direncanakan melalui mekanisme Bottom Up Planning guna menampung aspirasi dan kebutuhan masyarakat untuk menyikapi berbagai bencana alam seperti gempa bumi, banjir bandang, tanah longsor maupun bencana lain,” terangnya.

Salah satu peran nyata TNI dalam mendukung program tersebut, adalah turut serta terhadap kegiatan TMMD yang diselenggarakan selama 30 hari, sejak 10 Juli sampai 8 Agustus 2019.

Itu semua guna mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat demi menjaga ketahanan nasional serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kepada masyarakat.

Loading...

“TNI TMMD dilaksanakan tiga kali dalam setahun secara periodik dan merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, dan wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Ada dua kegiatan yang telah dilakukan TNI TMMD di Kabupaten Sampang berupa fisik dan non fisik. Yakni ada kegiatan fisik membangun desa, jalan, drainase, tempat wudu, dan rumah layak huni serta kegiatan penyuluhan anti narkoba, kesehatan, dan sejarah negara agar masyarakat benar-benar memiliki negara Indonesia.

“Pertahankan semangat kebersamaan, gotong-royong dan kemanunggalan TNI-rakyat dengan selalu hadir dan membantu menyelesaikan masalah kesulitan rakyat. Terutama rasa cinta terhadap NKRI,” lanjutnya.

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi, mengapresiasi terhadap hasil jerih payah TNI yang telah membanggakan rakyat daerah melalui TMMD, salah satunya membangun rumah layak huni.

“Atas nama pemerintah daerah berterima kasih kepada TNI yang telah bekerja sama hingga kami bisa hadir untuk membantu masyarakat,” sambungnya.

Sementara, Kepala Desa Karang Anyar Sampang, Sabra’ie, yang mendapat program TNI mengaku sangat bangga dan berterima kasih atas realisasi TMMD ke-105 tahun 2019.

“Alhamdulillah dengan kegiatan TMMD baik berupa bangunan rumah, jalan dan pembinaan, kami bersama masyarakat sangat merasa terbantu,” pungkasnya.(*)


Penulis : Rafi
Editor : Nurul Hijriyah
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar