oleh

Berikut Manfaat Konsumsi Stroberi Saat Hamil

PortalMadura.Com – Buah stroberi mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil dan janin, meliputi karbohidrat, vitamin C, antioksidan, serat, gula, kalium, kalsium, magnesium, dan asam folat.

Mengonsumsi buah-buahan saat hamil, seperti stroberi, sangatlah dianjurkan. Selain memiliki rasa yang lezat, buah stroberi juga mengandung manfaat luar biasa bagi ibu hamil dan janinnya.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (25/11/2020), Manfaat buah stroberi untuk ibu hamil:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat hamil, imunitas tubuh akan cenderung menurun, sehingga Bumil rentan mengalami beragam infeksi penyakit. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung pada buah stroberi mampu meningkatkan kekuatan sel imun dan menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit pada ibu hamil.

Mencegah Janin Cacat

Asam folat (vitamin B9) sangat dibutuhkan tubuh selama kehamilan, sebab vitamin ini berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan jaringan normal. Dengan rutin mengonsumsi buah stroberi segar setiap hari, Bumil bisa terhindar dari risiko janin cacat dan terjadinya keguguran.

Mencegah Anemia

Ibu hamil sangat rentan mengalami anemia atau kurang darah, lantaran banyaknya sel darah merah yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele karena dapat menimbulkan bahaya pada ibu hamil dan janin jika dibiarkan.

Sumber Energi

Pada kondisi seperti ini, stroberi dapat berperan sebagai sumber energi karena mengandung banyak karbohidrat dan gula. Bumil bisa mencampur stroberi dengan sumber energi dan nutrisi lainnya, misalnya pisang, kacang-kacangan, oatmeal, dan ubi.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang terus meningkat selama kehamilan ini harus segera diatasi, karena bila tidak, Bumil berisiko tinggi mengalami preeklamsia. Kandungan kalium pada buah stroberi dipercaya mampu membantu menurunkan tekanan darah ibu hamil. Selain itu, kalium juga berperan penting untuk mengatasi kram kaki yang sering dialami oleh ibu hamil.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar