oleh

Berikut Tips agar Cepat Kontraksi Secara Alami

PortalMadura.Com – Jika waktu perkiraan persalinan sudah semakin dekat, namun kontraksi tak kunjung datang juga. Anda tidak perlu khawatir. ada induksi-induksi alami untuk mempercepat kontraksi persalinan normal yang bisa Anda lalukan.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Minggu (18/10/2020), berikut beberapa induksi alami yang bisa Anda lakukan di rumah berupa aktivitas maupun makanan:

Gunakan Birthing Ball

Birthing ball adalah sebuah bola besar yang membal dan biasanya terbuat dari bahan karet. Bola ini sama seperti bola yang biasa digunakan untuk latihan pilates. Pengguaan birthing ball dapat mengurangi risiko terjadinya nyeri punggung dan mengurangi sensasi nyeri saat kontraksi mulai datang.

Akupresur

Selain bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi mual di pagi hari serta membantu menghentikan perdarahan pada bulan-bulan awal kehamilan, pijat akupresur juga dapat menjadi induksi alami. Memijat titik-titik akupresur di pergelangan kaki dan di sela-sela antara ibu jari dan telunjuk diketahui dapat menyebabkan kontraksi otot, termasuk di dalam rahim.

Stimulasi Puting

Stimulasi puting dan payudara juga menjadi salah satu induksi alami yang bisa dilakukan supaya kontraksi cepat datang. Bahkan cara ini disebut-sebut menjadi cara yang paling efektif dan bisa dilakukan sendirian. Stimulasi puting dapat menyebabkan rahim berkontraksi. Stimulasi puting melepaskan oksitosin, hormon yang menyebabkan kontraksi.

Makan Pisang dan Kurma

Pisang juga menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk ‘memancing’ kontraksi alami. Buah yang manis legit ini mengandung tinggi kalium, yang sangat penting dalam proses kontraksi otot. Termasuk kontraksi di otot rahim. Selain pisang, buah lain yang juga bisa Mama konsumsi sebagai induksi alami adalah kurma.

Berhubungan Seks dan Orgasme

Berhubungan seks saat memasuki kehamilan trimester ketiga memang terasa lebih sulit, tetapi ada beberapa manfaat yang bisa didapat. Salah satunya sebagai induksi alami. Karena mendorong pelepasan hormon oksitosin, yakni hormon yang diperlukan untuk memulai persalinan dan kontraksi.

Berenang

Berenang bisa dilakukan secara santai dan menyenangkan. Adanya tekanan lembut dari air saat Anda berenang dapat membantu membuat bayi lebih mudah bergerak di dalam rahim.

Jalan Santai

Tidak cuma menjadi induksi alami, jalan santai di trimester ketiga kehamilan juga membantu menghilangkan stres dan menjaga tubuh tetap kuat jelang persalinan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.