Bupati Sumenep Ingatkan Jaga Sikap Bagi Jemaah Calon Haji 2019

Avatar of PortalMadura.com
Bupati Sumenep Ingatkan Jaga Sikap Bagi Jemaah Calon Haji 2019
Bupati Sumenep, A Busyro Karim melepas Jemaah Calon Haji tahun 2019 (Foto. Ifa)

PortalMadura.Com, – Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, diharapkan menjaga sikap dan tingkah laku selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

“Jangan sampai bersikap egois dan mau menang sendiri. Jalankan ibadah haji dengan baik,” ujar Bupati Sumenep, A Busyro Karim, pada pelaksanaan manasik akbar dan pelepasan JCH Kabupaten Sumenep 2019, di gedung Korpri, Kamis (4/7/2019).

Orang nomor satu di Sumenep ini meminta agar menjaga sikap dan tingkah laku, sebab JCH yang melaksanakan ibadah haji bukan hanya warga negara Indonesia, melainkan dari berbagai negara di dunia.

JCH asal Sumenep harus menghormati tradisi dan budaya JCH dari daerah atau negara lain yang dipastikan sangat berbeda budayanya.

“Tradisi dan budaya saat berada di Arab Saudi bermacam-macam. Jagalah kebersamaan dan kekompakan dengan menghormati budaya jemaah haji dari negara lain,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berpesan agar menjaga kesehatan. Cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di tanah air, suhunya mencapai 46-50 derajat celcius, tentunya mempengaruhi kondisi fisik jemaah haji.

“Dengan cuaca panas yang sangat ekstrem itu, para jemaah haji diharapkan benar-benar menjaga kesehatan dan dianjurkan banyak minum air putih serta makan secara teratur,” jelasnya.

Plt. Kepala Kementerian Agama Sumenep, Moh. Hanif menjelaskan, ada 752 JCH Sumenep yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 6 dan 7. Dijadwalkan berangkat menuju Surabaya pada Minggu, 7 Juli 2019 pukul 09.00 WIB dari Stadion A. Yani Panglegur Sumenep.

“Laki-laki sebanyak 366 orang dan perempuan sebanyak 386 orang. Semua JCH itu berangkat ke Surabaya menggunakan bus,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.