oleh

Bupati Sumenep Teken MoU Pengoperasian ICS dengan PT Perinus Persero

PortalMadura.Com, Sumenep – Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur A Busyro Karim menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan PT. Perikanan Nusantara (Perinus) Persero, Kamis (24/1/2019).

Perjanjian kerja sama itu yakni dalam hal pemanfaatan gudang beku terintegritasi atau Integrated Cold Stroge (ICS) yang berada di Desa Longos, Kecamatan Gapura, Sumenep.

MoU yang berlangsung di ruang VIP Rumah Dinas Bupati Sumenep juga dilakukan bersama dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumenep, Ir. Arief Rusdi, M.Si.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim menjelaskan, potensi perikanan sangat menjanjikan sehingga butuh pengelolaan yang baik agar bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejehteraan masyarakat Sumenep.

“Dengan beroperasinya ICS itu diharapkan semoga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan,” katanya.

Pihaknya juga meminta pada PT. Pinus Persero agar memanfaatkan tenaga lokal pada pengoperasian ICS tersebut, terutama pada warga sekitar sehingga manfaatnya dirasakan langsung oleh warga Sumenep.

Direktur PT. Pinus Persero, Dendi Anggi Gumilang optimis dengan support pemerintah daerah dapat meningkatkan taraf hidup warga Sumenep melalui pengoperasian ICS.

Dari survie yang dilakukan PT. Pinus Persero, potensi laut Sumenep sangat bagus. “Mudah-mudahan dengan dibangunnya kerjasama ini berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara, Direktur Pengelolaan dan Bina Mutu Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kementrian Kelautan Perikanan RI, Innes Rahmania A.Pi,. S.Sos,.MM menjelaskan, pengoperasian ICS di Sumenep adalah yang pertama kali dari 10 pembangunan ICS di Indonesia pada tahun 2018.

“Kami berharap mendapat dukungan semua pihak. Pengoperasian ICS itu awal dan bukan akhir dari segalanya,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap dapat menjadi contoh bagi sembilan gudang pembekuan ikan atau ICS di daerah lainnya.

“Kami tetap akan mengawasi kerjasama ini dan seberapa besar memberi dampak manfaat buat masyarakat,” katanya.

Pada momentum MoU tersebut, hadiri Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep dan pimpinan OPD setempat.(Nanik Dwi Jayanti)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
Loading...
Loading...