oleh

4 Cara Atasi Sakit Gigi pada Anak saat di Rumah

PortalMadura.Com – Sakit gigi bukan hanya bisa dirasakan oleh orang tua saja. Anak-anak juga dapat mengalaminya. Sakit gigi yang dialami anak dapat disebabkan oleh kerusakan pada gigi, tumbuh gigi, masalah sinus, tambalan gigi, cara menyikat gigi yang salah, atau gigi yang tidak beraturan.

Sakit gigi dapat membuat anak tidak nyaman dan tidur menjadi terganggu. Anda sebagai orang tua perlu tahu cara mengatasi sakit gigi anak. Dilansir dari laman Fimela.Com, Rabu (23/9/2020) berikut cara yang dapat Anda lakukan saat anak sakit gigi.

Kumur dengan Air Hangat

Berikan air hangat atau air hangat yang diberi garam untuk menghilangkan rasa sakit sementara. Campur segelas air hangat dengan 1/2 sendok teh garam lalu kumur-kumur pada area yang sakit. Biarkan anak berkumur beberapa menit, dan tunggu khasiatnya.

Gunakan Peppermint

Peppermint adalah pereda nyeri tradisional yang umumnya aman dan salah satu obat sakit gigi terlezat untuk anak-anak. Kantong teh peppermint murni yang baru digunakan, setelah dibiarkan mendingin secara alami atau selama beberapa menit di dalam freezer, dapat diletakkan di antara pipi dan gusi untuk memberikan kompres pereda nyeri.

Beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas juga berfungsi dengan baik, tetapi hindari ekstrak peppermint karena kandungan alkoholnya yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan iritasi atau, dalam kasus anak-anak yang sensitif terhadap alkohol.

Bawang Putih

Kebanyakan anak tidak akan menyukai obat ini, tetapi efektif. Bawang putih dikenal dengan manfaat kesehatan secara umum, termasuk sifat antibakterinya.

Cukup haluskan satu atau dua siung bawang putih (dan sedikit garam jika diinginkan), buat pasta. Gunakan kapas untuk mengoleskan pasta ini ke gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kompres Pipi dengan Air Dingin

Bisa mencoba untuk mengompres pipi anak dengan air dingin atau air es. Beberapa orang juga mencoba untuk membungkus es batu dan menempelkannya di pipi. Hal ini hanya untuk meredakan sakit sementara.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : fimela.com

Komentar