Cara Bedakan Telur Ayam Masih Segar atau Sudah Busuk

Avatar of PortalMadura.com
Cara Bedakan Telur Ayam Masih Segar atau Sudah Busuk
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang. Biasanya, telur menjadi salah satu bahan yang wajib ada dalam setiap pembuatan kue. Selain itu, cara memasaknya pun sangat mudah dan bisa dijadikan berbagai macam masakan.

Namun, pernahkah Anda mendapati telur yang digunakan untuk memasak atau membuat kue ternyata sudah busuk?. Maka dari itu, sebelum Anda langsung mencampurnya dengan berbagai macam masakan, ada baiknya jika Anda memastikan dulu kualitas telur ayam yang akan Anda gunakan.

Dilansir liputan6.com yang mengutip dari fimela.com, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu kualitas dan kesegaran telur.

Caranya, siapkan gelas atau baskom yang berisi air. Isi air sampai penuh. Setelah itu, masukan telur secara perlahan ke dalamnya. Kalau telur langsung tenggelam, bisa disimpulkan kualitasnya masih bagus. Jadi, telur yang masih segar ini bisa langsung diolah sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga: 8 Manfaat Konsumsi 2 Butir Telur Ayam per Hari Bagi Kesehatan

Akan tetapi, jika telur malah melayang atau mengambang di permukaan, sebaiknya telur tidak digunakan karena sudah tidak segar atau justru membusuk.

Perlu Anda ketahui, bahwa telur yang segar akan selalu tenggelam karena tidak ada udara di dalam cangkangnya. Sebaliknya, telur yang sudah busuk atau berkualitas buruk, ada udara di dalam cangkangnya dan membuatnya melayang atau mengambang saat dimasukkan ke dalam air. Selain itu, bila telur sudah mengeluarkan bau busuk, sebaiknya segera dibuang.

Nah, jika telur yang Anda peroleh langsung dari ayamnya, sebaiknya tidak usah dicuci. Sebab, telur memiliki lapisan alaminya sendiri yang membantu melindunginya dari bakteri. Maka cukup letakkan telur di dalam wadah dan simpan di bagian tengah kulkas.

Lantas, mengapa harus di bagian tengah?. Karena di bagian tengah kulkas, suhunya lebih stabil. Dengan beberapa cara di atas, kini Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari tahu kesegaran dan kualitas telur ayam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.