oleh

Cara Bikin Tutut Bumbu Kuning yang Nikmat

PortalMadura.Com – Pernah mencicipi olahan makanan yang berbahan dasar tutut?. Jika belum, Anda perlu mencobanya. Sebab, keong kecil yang biasa hidup di persawahan ini memiliki cita rasa nikmat dan kaya asupan gizi jika diolah dengan cara yang benar.

Apalagi jika dimasak dengan kuah bumbu kuning. Anda akan ketagihan dibuatnya. Mau tahu gimana rasanya?. Yuk bikin sendiri di rumah. Berikut resepnya:

Persiapan Awal:

Sebelum diolah, tutut direndam selama satu malam lamanya dengan air rendaman diganti 2-3 kali. Kemudian cangkang tutut dibersihkan dengan cara digosok-gosok agar bersih dari lumut yang menempel pada cangkang tutut. Setelah itu, bagian belakang tutut di potong agar kotorannya keluar, lalu cuci kembali hingga benar-benar bersih dan siap dimasak.

Loading...

Bahan untuk Bumbu (±2 kg tutut):

Bawang merah, 8 siung
Bawang putih, 8 siung
Kunyit, 8 cm
Kemiri, 6 buah
Daun salam secukupnya
Laos secukupnya
Sereh secukupnya
Garam dapur secukupnya
Gula secukupnya
Daun bawang, 4 batang
Air (untuk rebusan), ±1 liter

Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning:

Tumis bumbu halus seperti kemiri, kunyit, bawang putih, dan bawang merah hingga tercium harum. Kemudian masukkan ke dalam tumisan air, gula, garam dapur dan daun bawang, aduk merata.

Selanjutnya, masukkan tutut yang sudah direndam dan dibersihkan, masak hingga tutut matang. Angkat dan sajikan. Selesai, tutut bumbu kuning sudah selesai dimasak. Selamat mencoba. (makanajib.com/Putri)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar