oleh

Cara Mengajarkan Anak Membaca Puisi

PortalMadura.Com – Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan berfokus pada struktur fisik dan struktur batinnya.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Minggu (12/7/2020) berikut ini cara membaca puisi yang baik.

Cara Mengajarkan Anak Membaca Puisi

Memperhatikan Teknik

Berikut ini beberapa teknik membaca puisi yang bisa Anda ajarkan untuk meningkatkan keterampilan anak, yaitu:

  • Harus jelas dalam pelafalan

Lafal adalah pengucapan bunyi bahasa yang sesuai dengan alat ucap yang digerakan. Ketika membacakan sebuah puisi, maka setiap pelafalan kata-kata harus tepat dan jelas. Lafal di setiap huruf harus dilatih dengan baik, termasuk termasuk huruf vokal A, I, U, E dan O.

  • Intonasi harus diperhatikan dengan baik

Intonasi adalah pola perubahan nada saat seseorang sedang berbicara. Ketika membacakan sebuah puisi, sebaiknya menggunakan nada atau intonasi sesuai dengan karakter kata di dalam puisi. Intonasi pun ada yang naik dan turun, sehingga tidak membosankan ketika dibaca.

  • Memperhatikan tekanan pengucapan pada setiap kata

Tekanan adalah keras dan lembutnya pengucapan bunyi. Hal ini perlu diperhatikan ketika sedang membacakan sebuah puisi. Jadi intinya, teknik membaca puisi itu harus menggunakan lafal, intonasi dan tekanan. Selain itu, ekspresi juga perlu diperhatikan dengan baik selama proses pembacaan puisi.

Ajak Anak Menerapkan Teknik Membaca Puisi yang Tepat

Dalam membantu proses anak-anak dalam belajar membaca puisi sesuai dengan teknik di atas, maka Anda perlu menantang anak membacakan satu puisi.

Berhubung masih menjalani aktivitas di rumah, ajaklah anak untuk mulai praktik membaca puisi menggunakan teknik yang sudah dipelajari. Berikan salah satu contoh puisi untuk di baca oleh anak.

Cara Seru Mengajarkan Teknik Membaca Puisi untuk Anak

Membacakan sebuah puisi tentu tidak bisa sembarangan karena ada teknik-teknik yang harus diperhatikan dengan baik. Jika Anda sedang mencari cara seru mengajarkan teknik membaca puisi untuk anak-anak yang lebih menyenangkan, maka channel YouTube Televisi Edukasi mungkin bisa membantu.

Ada pembelajaran yang tepat mengenai teknik membaca puisi, mulai dari lafal, intonasi dan tekanan. Bahkan ekspresi sebagai teknik penunjang dalam membacakan puisi juga diajarkan.

Itulah teknik membaca puisi untuk anak. Semoga bisa membantu dan anak-anak lebih memahami teknik membaca puisi.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar