oleh

Cara Mengajarkan Anak untuk Disiplin

PortalMadura.Com – Sebagai orangtua pasti ingin mepunyai anak yang disiplin. Disiplin berarti anak memiliki tanggung jawab dengan apa yang dia lakukan, dan mampu mengikuti apa yang kita katakan dengan baik.

Saat ini, sikap disiplin pun dibutuhkan oleh mereka. Jika disiplin diterapkan sejak dini, maka anak dapat belajar untuk membagi waktu juga belajar tepat waktu dalam mengerjakan sesuatu. Hal-hal ini akan dibutuhkan di sekolah dan berguna bagi diri mereka sendiri.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Selasa (7/7/2020) berikut cara untuk mengajarkan anak untuk disiplin.

Cara Mengajarkan Anak untuk Disiplin

Beri Mereka Tugas

Pada masa ini Anda bisa meningkatkan tanggung jawab pribadi mereka terhadap pekerjaan sehari-hari di rumah. Namun, pekerjaan yang mereka lakukan tidak mungkin rapi seperti yang Anda lakukan. Hal yang penting bukanlah hasil, namun pembelajaran itu sendiri.

Hal yang harus dilakukan pertama kali ialah memberinya contoh. Setelah itu, biarkanlah mereka mengerjakannya sendiri dan dukunglah usaha mereka dalam mengerjakan pekerjaan tersebut.

Memberikan tugas satu atau dua pekerjaan dalam sehari, sudah cukup. Jika memungkinkan, pada saat libur ajaklah seluruh anggota keluarga membereskan rumah bersama-sama. Hal ini akan meningkatkan rasa kerjasama dan keterlibatan dalam diri anak.

iklan hari santri

Bersikap Tegas

Salah satu kelemahan orangtua yang paling sering adalah kurang tegasnya orangtua. Namanya orangtua, ketika melihat anaknya merengek atau menangis, terkadang merasa tidak tega, sehingga yang awalnya tegas, menjadi lunak.

Hal itu dapat dijadikan senjata bagi anak untuk merusak aturan yang telah ditetapkan. Anak akan merasa bahwa orangtuanya dapat dilunakkan dengan tangisannya, dan rengekannya. Sekali saja orangtua berperilaku tidak tegas, maka rusaklah pendidikan disiplin yang dilakukan.

Buatlah Jadwal

Salah satu cara untuk mendisiplinkan anak adalah dengan jadwal kegiatan. Biarkan ia membuat jadwalnya sendiri, sehingga ia akan lebih merasa bertanggungjawab dalam belajar mematuhinya.

Sebagai pilihan, Anda juga bisa memberinya poin atau bintang sebagai pemicu jika ia berdisiplin melakukan hal-hal sesuai dengan jadwal yang sudah ia buat sendiri. Sebagai hadiah, Anda bisa memberikan hal-hal sederhana seperti bermain bersama teman-temannya, atau membelikan makanan kesukaannya.

Biarkan Mereka Memilih

Pada masa ini, banyak tawaran kegiatan tentunya ada di depan mata si Anak. Banyak orang tua yang khawatir anaknya tak akan berkembang jika kehilangan kesempatan untuk mengikuti berbagai macam kegiatan usai sekolah.

Lebih baik Anda memberikan kesempatan untuk mengikuti satu atau dua kegiatan yang benar-benar ia sukai, agar ia lebih fokus dan lebih mudah belajar berdisiplin dalam membagi waktunya.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : popmama.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.