oleh

Cara Mengatasi Balita yang Takut Pada Orang Asing

PortalMadura.Com – Mempunyai balita yang murah senyum memang menjadi primadona bagi banyak orang yang melihatnya. Namun, tidak sedikit juga balita yang merasa takut bahkan cenderung menangis ketika melihat orang asing. Melihat anak takut pada orang lain, mungkin membuat orang tua merasa khawatir.

Wajar jika anak menjadi cemas ketika ada orang yang tidak ia kenal menggendongnya dan ini juga bisa menjadi tanda perkembangan emosi yang sehat. Saat ini bayi Ibu mengerti perbedaan antara Ibu dan orang asing, dan ia lebih memilih Ibu. Jika ia takut yang berlebihan pada orang asing, Ibu harus tahu cara mengatasi anak yang takut pada orang asing. Dilansir dari laman Popmama.Com, Selasa (29/9/2020) berikut cara agar anak tidak mudah takut kepada orang asing.

Terima Ketakutannya

Ketakutan kepada orang asing biasanya muncul ketika bayi berusia lebih dari enam bulan ketika dia mulai bisa membedakan wajah-wajah orang terdekatnya. Ketakutan tersebut merupakan respons dari emosinya yang belum mengenal orang asing tersebut.

Saat bayi menangis karena ketakutan, Anda jangan marah. Anda hanya perlu menerima ketakutannya. Biarkan ia meluapkan emosinya terlebih dahulu sembari Anda secara perlahan memperkenalkan siapa orang asing tersebut.

Anda bisa memperkenalkan orang asing itu sebagai orang yang baik atau bagian dari keluarganya. Bayi bisa menerima orang asing tersebut ketika Anda secara terus-menerus memperkenalkannya.

Tenangkan Bayi

Ketika anak rewel dan menangis walaupun Anda telah mengenalkan siapa orang asing tersebut, Anda bisa langsung mendekap atau memeluknya. Tenangkan, agar dia merasa aman dan nyaman. Anda juga bisa mengalihkan ketakutannya dengan memberikan mainan favoritnya atau mengajak ke luar ruangan.

Jangan Memaksa Bayi Menerima Keberadaan Orang Asing

Gejala bayi yang ketakutan adalah menangis saat digendong oleh orang asing. Oleh sebab itu, Anda jangan memaksa anak untuk digendong oleh orang asing yang membuatnya menangis.

Anda sebaiknya memperkenalkan terlebih dahulu siapa orang asing yang akan menggendongnya. Apabila bayi menangis, maka jangan memaksanya. Anda bisa terus menjelaskan siapa orang asing tersebut hingga anak merasa akrab.

Lebih Sering Mengenalkan Orang Baru

Cobalah untuk lebih sering mengenalkan orang baru kepada anak. Biarkan ia sering berhadapan dengan orang lain.

Saat bertemu dengan orang lain, Anda bisa mengenalkan satu per satu orang yang menyapanya. Hal itu bisa membiasakan bayi berinteraksi dengan orang baru tetapi tetap merasa aman berada di dekat Anda.

Bersabar

Poin terpenting mengajarkan bayi untuk berinteraksi dengan orang asing adalah bersabar. Perlu Anda ingat jika kondisi psikis masing-masing bayi itu berbeda, sehingga ada bayi yang mudah akrab dengan orang asing atau sebaliknya.

Bayi membutuhkan waktu lebih lama untuk berinteraksi dengan orang asing. Jika terus dibiasakan secara konsisten, maka bayi akan merasa nyaman dengan sendirinya tanpa ada paksaan.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : popmama.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.