oleh

Cara Mengajarkan Anak Menggosok Gigi yang Benar

PortalMadura.Com – Susahnya mengajarkan anak untuk menggosok gigi yang benar menjadi salah satu keluhan yang dialami oleh orang tua. Rasa khawatir yang akan terjadi kerusakan gigi pada anak menjadi ketakutan bagi banyak ibu. Kerusakan gigi pada anak akan mempengaruhi senyum dan membuat anak tidak percaya diri. Bukan hanya itu, hal ini dapat mengganggu pertumbuhan fisiknya, di antaranya pertumbuhan sendi, rahang, dan susunan giginya.

Oleh karena itu sejak dini Anda perlu mengajarkan anak untuk rutin menggosok gigi. Dilansir dari laman Popmama.Com, Senin (12/10/2020) berikut cara menggosok gigi yang benar.

Pegang Sikat dengan Siku Membentuk Sudut 45 Derajat

Cara pertama, Anda harus mengajarkan hal dasar kepada anak. Pastikan siku yang memegang sikat gigi berbentuk 45 derajat. Hal itu membantu proses menggosok gigi bisa lebih mudah dilakukan. Awalnya mungkin memang sulit. Tapi ingatkan selalu secara berkala agar mereka sadar akan bentuknya.

Sikat dengan Gerakan Melingkar

Menggosok gigi tidak boleh asal-asalan. Caranya dengan menggosok maju mundur atau atas bawah. Melainkan dengan melingkar. Gerakan ini berlaku untuk semua bagian gigi.

Mungkin gerakan ini awalnya akan terasa sulit bagi anak. Tidak ada salahnya jika Anda membantu anak untuk membuat gerakan melingkar di giginya. Anda bisa juga mencontohkan.

Bersihkan Bagian dalam Gigi

Jangan hanya membersihkan bagian luar gigi. Perhatikan juga bagian yang tidak terlihat seperti gigi bagian dalam. Caranya dengan menggosok dengan gerakan memutar. Sikat bisa digunakan secara vertikal sehingga bisa menjangkau bagian belakang gigi termasuk bagian geraham.

Sikat dengan Lembut

Jangan menggosok terlalu kencang dan bersemangat. Menggosok gigi dengan kencang membuat lapisan luar gigi menjadi rusak. Hal itu menyebabkan gigi sensitif. Jadi cukup pelan-pelan saja.

Salah Cara Menggosok Bisa Melukai Gusi

Menggosok gigi dengan gerakan ke kiri dan kanan bisa membuat kerusakan gusi dalam jangka panjang. Gerakan tersebut kerap mengenai gusi yang ada di antara gigi.

Cara menggosok gigi yang benar ini bisa dilakukan rutin kepada anak setidaknya seminggu atau 2 minggu pertama mereka belajar menggosok gigi sendiri.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Popmama.Com

Komentar