oleh

Cara Mudah Atasi Sariawan di Lidah

PortalMadura.Com – Sariawan dapat menyebabkan rasa tidak enak, sakit dan perih pada mulut, hingga menurunnya kemampuan merasakan. Kondisi ini tentu akan mengganggu Anda saat makan dan minum. Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kondisi medis seperti aphthous stomatitis (canker sores), stres, diabetes, infeksi HIV, kanker, kebiasaan merokok, efek samping obat-obatan tertentu, efek samping kemoterapi, luka di lidah, serta perubahan hormon di masa kehamilan.

Sariawan ini dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti luka berselaput keputih-putihan. Tak hanya di lidah, sariawan juga dapat timbul di pipi bagian dalam, gusi, amandel, hingga bagian belakang tenggorokan.

Diansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (3/11/2020), berikut cara meringankan rasa sakit akibat sariawan di lidah:

Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut. Jika perlu, gunakan benang gigi atau dental floss satu kali setiap hari.

Perbanyak Minum Air Putih

Jika sariawan terasa sakit saat Anda minum, maka gunakan sedotan.

Jangan Gunakan Obat Kumur atau Spray

Hal ini untuk menghindari pertumbuhan flora normal mulut, kecuali direkomendasikan oleh dokter untuk mengatasi kondisi tertentu.

Batasi Asupan Gula dan Produk yang Mengandung Ragi

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir perkembangan jamur, Anda bisa mengurangi mengonsumsi roti, bir, serta wine.

Konsumsi Yoghurt tanpa Pemanis

Untuk mengembalikan tingkat bakteri baik dalam tubuh, konsumsilah yoghurt tanpa pemanis yang mengandung Lactobacillus acidophilus, atau dapat juga diminum dalam bentuk kapsul.

Berkumur dengan Air Garam

Campurkan 1/2 sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Kemudian berkumur beberapa saat dan buang. Anda dapat berkumur dengan air garam beberapa kali dalam sehari.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar