Cegah Laka Lantas, Polres Test Urine Sopir Bus

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Sejumlah sopir bus yang melintas di tol Jembatan dites urine di tolgate, tepatnya Desa Sekar Bungoh, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (26/7/2014).

Ketika keluar dari Jembatan Suramadu, petugas menggiring bus ke jalur lambat. Kemudian bus-bus diberhentikan dan sopirnya diminta turun. Selanjutnya sopir bus ke pos pelayanan untuk menjalani tes urine.

Kegiatan ini digelar Polres Bangkalan bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat.

Kondisi tersebut membuat sejumlah sopir kaget. Sebab, pada mudik sebelumnya tidak ada tes urine seperti sekarang.

Tes urine digelar untuk memastikan bahwa sopir dalam kondisi sehat dan tidak dibawah pengaruh narkoba dalam mengemudikan bus.

“Berbeda bila sopir tidak sehat atau dibawah pengaruh obat-obatan, maka rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Padahal, mereka membawa penumpang yang banyak”.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Bangkalan AKBP Sulistiyono.  “Kita mengadakan tes urine dan tensi pada sopir. Jika tekanan darahnya tidak normal, maka akan diberi obat. Tapi, kalau ada sopir bus yang positif narkoba, kita akan melayangkan surat teguran pada PO-nya,” timpal Sulis.

Namun, sambung Sulis, sopir yang bersangkutan tidak akan ditahan, melainkan disuruh melanjutkan perjalanannya.

Sampai saat ini belum ada sopir yang positif mengkonsumsi narkoba atau tekanan darahnya dibawah normal. Untuk sementara semua yang diperiksa dalam kondisi sehat, pungkasnya. (dit/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.