oleh

Cocok untuk Buka Puasa, Ini Dia 10 Jenis Kurma yang Bisa Jadi Pilihan

PortalMadura.Com – Kurma merupakan salah satu buah yang menjadi makanan kesukaan Rasulullah, dan selalu disebutkan di dalam Alquran. Ternyata di dunia ini ada banyak jenis kurma.

Akan tetapi, banyak orang awam yang mengenal buah yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini hanya satu jenis saja. Padahal, rupanya buah yang menjadi andalan berbuka puasa ini memiliki banyak jenis. Apa saja?.

Berikut ini uraiannya:

Safawi
Kurma Safawi berwarna cokelat gelap hampir kehitaman dan sangat kenyal. Kurma ini memiliki serat makanan yang tinggi, membantu memperlancar sistem pencernaan dengan baik.

Deglet Noor
Kurma Deglet Noor merupakan salah satu jenis kurma yang paling banyak didistribusikan. Kurma ini memiliki ciri-ciri berwarna merah terang dengan kulit luar yang kencang dan semi-lunak.

Barhi
Kurma Barhi memiliki ciri-ciri berukuran sedang, berkulit tipis, dan memiliki daging lembut yang manis.

Anbara
Bercirikan kering dan lunak, kurma Anbara berasal asli dari Arab Saudi.

Baca Juga: Umat Muslim, Awali Berbuka Puasa dengan Keberkahan Kurma

Sagai
Kurma Sagai dikenal merupakan kurma terenyah dari kurma lainnya. Berasal dari Arab Saudi dan menjadi makanan ringan terpopuler di sana.

Sukari
Memiliki ciri-ciri lembut dan sangat manis, kurma Sukari dikatakan bisa meleleh di mulut.

Khudri
Memiliki tekstur keriput, kurma Khudri juga berwarna cokelat gelap dan memiliki rasa yang manis.

Kholas
Kurma coklat keemasan ini memiliki rasa yang unik dan memiliki kulit yang cukup tebal.

Medjool
Kurma Medjool terkenal mahal dan didistribusikan secara luas ke seluruh dunia. Memiliki komposisi yang padat, berair, dan penuh nutrisi. Menurut USDA, kurma jenis ini sangat bergizi dan kaya akan energi, kalsium, fosfor, kalium, dan magnesium.

Zahidi
Berbeda dengan jenis kurma lainnya, kurma Zahidi biasa digunakan dalam produk seperti gula kurma atau ekstrak. Satu penelitian dari International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2003 juga menjelaskan, bahwa kurma ini memiliki biji yang besar dan daging yang renyah, cocok menjadi komposisi suatu produk.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Komentar