Cuaca Normal, Garam Bisa Dipanen 12 Hari

Avatar of PortalMadura.com
Cuaca Normal, Garam Bisa Dipanen 12 Hari
dok. Petani garam (Foto: Hasibuddin)

PortalMadura.Com, – Musim kemarau tahun ini yang cukup panjang membawa berkah kepada para di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Sebab, cuaca panas yang bagus seperti sekarang menghasilkan garam berkualitas.

Salah satu petani garam di Kecamatan Pademawu, Suparto (60) mengaku, jika cuaca bagus seperti sekarang, garam bisa dipanen mulai berumur 12 hingga 15 hari. Tetapi sebaliknya, jika cuaca tidak mendukung untuk memanen garam, akan memakan waktu yang jauh lebih lama.

“Saat ini cukup normal, dan kualitas garam yang dihasilkan bagus, Alhamdulillah. Pada musim ini sudah beberapa kali panen, karena rata-rata 13 hari sudah bisa panen,” katanya, Sabtu (13/10/2018).

Suparto menambahkan, untuk cuaca seperti sekarang luas lahan 20×70 meter bisa memanen garam hingga 9 ton dalam sekali panen. Selain kualitas garam yang bagus, harga garam musim ini juga tergolong normal, yaitu Rp 14.500 per ton untuk KW-1 dan Rp 12.500 per ton untuk KW-2.

“Kalau sudah mulai mendung, biasanya dalam satu minggu sudah dipanen. Meski hasil panen sedikit, tetap dipanen. Bagaimana lagi, ini sudah risiko,” pungkasnya. (Marzukiy/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.