Dampak Suka Bunyikan Jari Tangan Saat Pegal

Avatar of PortalMadura.com
Dampak Suka Bunyikan Jari Tangan Saat Pegal
ilustrasi

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu orang yang suka saat pegal?. Jika iya, biasanya akan terasa nyaman dan ringan. Apalagi jika hal itu dilakukan saat selesai melakukan pekerjaan.

Tahukah Anda, istilah ‘meletek' jari atau cracking jari itu tidak disarankan dalam dunia medis. Sebab, dianggap sebagai suatu hal yang kurang berguna. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini:

Kebiasaan cracking jari, menurut Spesialis Bedah Orthopedi dr Oryza Satria SpOT dari Rumah Sakit Pondok Indah-Bintaro Jaya, dianggap sebagai tindakan yang kurang berguna. Namun memang banyak orang melakukan karena alasan lebih nyaman dan sebagainya.

“Ada penelitian bahwa cracking itu tidak bikin nyeri sendi. Itu aman-aman saja, tapi memang itu sebenarnya tindakan yang kurang berguna,” ujar dr Oryza.

Dia menambahkan, seseorang hanya kerap melakukannya berdasarkan faktor psikologis. Setiap wanita dan pria punya dasar kebiasaan dan masalah yang berbeda. Cracking jari itu mungkin sering dilakukan secara refleka karena faktor terbiasa.

dr Oryza menjelaskan, ketika melakukan cracking jari pasti Anda mendengar suara yang dihasilkannya. Adapun suara itu berupa letupan gas di bagian ruang kosong persendian.

“Suara itu merupakan letupan gas di bagian ruang kosong persendian. Meski dianggap aman, tapi cracking jari juga jangan sampai dilakukan sampai berisiko cedera,” bebernya.

Apalagi ketika melakukannya dengan teknik yang salah, tambahnya, seseorang mungkin dapat saja mengalami risiko fatal. Risiko tersebut berupa cedera di bagian ligamen dengan tingkatan ringan sampai berat.

“Tapi di penelitian, efek jangka panjang dari kebiasaan cracking memang tidak ada, tapi tetap harus hati-hati saat melakukan,” pungkasnya. (okezone.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.