Dana Desa Tak Cukup Bebaskan Warga Dari Kekeringan, Kades Ini Kuras Uang Pribadi

Avatar of PortalMadura.Com
Dana Desa Tak Cukup Bebaskan Warga Dari Kekeringan, Kades Ini Kuras Uang Pribadi
Ist. Kepala Desa Moncek Tengah, Abu Yasid

Portalmadura.Com, – Peran serta , Kecamatan Lenteng, Sumenep, Madura, Jawa Timur, dalam menanggulangi kekeringan disaat musim kemarau tiba, patut diajungi jempol. Semenjak menjabat, sudah 115 KK (Kepala Keluarga) atau 400 warganya terbebas dari kekurangan air bersih.

Kepala Desa Moncek Tengah, menjelaskan, hampir semua warganya setiap tahun selalu mengalani krisis air bersih. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan air, mereka harus meminta bantuan pada pemerintah daerah.

“Alhamdulillah setelah kami melakukan pengeboran, satu dusun sudah tidak lagi menggantungkan kepala pemerintah,” katanya dengan raut wajah sumringah pada PortalMadura.Com, Senin (5/10/2015).

Pengeboran air bersih itu, ada di Dusun Embik yang pembiayaannya diambilkan dari (DD) yang baru saja dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui pemerintah daerah.

Menurutnya, pengeboran tersebut menghabiskan dana sebear Rp70 juta. Sedangkan DD yang diterima hanya Rp45 juta.

“Jadi, masih kekurangan dana sebesar Rp25 juta. Kekurangnnya itu diambilkan dari dana pribadi. Ini langkah awal yang kami lakukan untuk mengabdikan diri kepala warga. Dan program ini, akan kami kembangan pada dusun lain yang sering mengalami kekeringan,” terangnya.

Pihaknya berharap agar pemerintah daerah bisa membantu untuk pengeboran disejumlah dusun lain. Sehingga secara bertahap, semua masyarakat tidak lagi mengalami kekurangan air bersih saat musim kemarau tiba.(Rahman/har)

Warga Menikmati Air Bersih
Warga Menikmati Air Bersih

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.