oleh

Danramil Socah Bersama Petani Bangkalan Panen Raya di Musim Kemarau

PortalMadura.Com, Bangkalan – Komandan Koramil (Danramil) 02/Socah Kodim 0829/Bangkalan Lettu Kav Imam Gazhali bersama para petani melakukan panen raya di Dusun Klobungan, Desa Bilaporah, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur, Sabtu (22/8/2015).

Pihaknya merasa senang karena bisa bersama-sama para petani panen di musim kemarau. “Semoga cita-cita baik para petani dapat menghasilkan pertanian padi termasuk produksinya dan kesejahteraan meningkat,” kata Danramil.

Hasil panen kali ini, antara lain hasil ubinan varietas, impari (Plot A), Rata-rata : 4,8 kg, GKP : 7,7 ton/ha, GKG : 6,16 ton/ha, dan Beras : 5 ton/ha.

Sementara, Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Inf Sunardi Istanto mengatakan, hasil panen yang didapat kali ini lebih meningkat dari hasil panen raya yang dilaksanakan sebelumnya.

“Panen raya sekarang para petani beruntung dapat mengatur pengairan dan irigasi dengan tepat, sehingga kebutuhan air tercukupi untuk tanaman padi, mengingat saat ini cuacanya sedang kurang bersahabat, dan efek dari cuaca el nino,” katanya.

Loading...

Harapannya kedepan agar kiranya Kodim pada khususnya begitu juga dengan Dinas terkait dapat menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat petani sehingga program Upsus (Upaya Khusus) Ketahanan Pangan yang diharapkan pemerintah dapat terwujud dan terlaksana.

“Melalui upaya khusus secara terpadu, baik perbaikan tata cara pertanian, pemupukan yang lebih baik, perbaikan irigasi maupun upaya lainnya, kita berharap yang masih di bawah rata-rata akan dapat mencapai dan bahkan melewati rata-rata, dan yang sudah di atas rata-rata bisa ditingkatkan lagi,” tandasnya.

Kegiatan panen ini, Danramil Socah bersama sejumlah PPL, Mantan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan, Babinsa, Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, Ketua Kelompok Tani Sunan, dan Kelompok Tani Makmur Desa Bilaporah, Kecamatan Socah.

Mereka tiba di lokasi panen raya padi jenis ubinan varietes dengan sistim tanam jajar legowo di hamparan sawah seluas 5 hektar di Desa Bilaporah, Bangkalan.

Danramil Socah serta para undangan yang hadir secara simbolis panen jenis padi yang tahan hama penyakit. Kemudian dilanjutkan ramah-tamah dengan para petani.(rls/har)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar