Dari Tukang Solder ke CEO Sukses: Kisah Hasnul Suhaimi

Avatar of hartono
Dari Tukang Solder ke CEO Sukses: Kisah Hasnul Suhaimi
Potret Hasnul Suhaimi (Sumber : Bisnishack)

.ComHasnul Suhaimi adalah contoh nyata bagaimana keterampilan kepemimpinan dan visi yang tepat dapat menyelamatkan dan mengembangkan bisnis. Bermula sebagai tukang solder, ia berhasil mengangkat sebuah perusahaan telekomunikasi mencapai omzet 18 triliun rupiah. Selama 16 tahun pertama, Hasnul berjuang meniti karir dari posisi bawah hingga menjadi manajer, sebelum akhirnya meraih gelar MBA dari Universitas Hawaii, Manoa pada tahun 1992.

Pada tahun 2006, Hasnul bergabung dengan PT Excelcomindo Pratama Tbk. (XL) sebagai Direktur. Dengan strategi inovatif seperti tarif layanan , ia berhasil menarik minat pelanggan dan meningkatkan pangsa pasar perusahaan. Produk-produk seperti Xplor dan AXIS menjadi andalan yang mendongkrak popularitas dan pendapatan XL. Gaya kepemimpinan Hasnul yang dan rendah hati juga menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan produktif.

Dedikasi dan kerja kerasnya diakui dengan berbagai penghargaan bergengsi. Hasnul dinobatkan sebagai Best CEO oleh Majalah SWA tiga kali berturut-turut, CEO Idaman oleh Majalah Warta Ekonomi pada tahun 2009, dan The Most Inspiring CEO dari CNBC Indonesia pada tahun 2023. Penghargaan ini menjadi bukti nyata atas kontribusi dan inovasi yang ia bawa di telekomunikasi.

Selain membangun bisnis yang sukses, Hasnul juga fokus pada regenerasi kepemimpinan. Ia memastikan perusahaan tetap stabil meskipun dirinya sudah tidak lagi menjabat, dan membantu ribuan pengusaha serta CEO lain melalui Sekolah CEO. Pengalaman dan pengetahuannya juga dibagikan melalui kelas-kelas kepemimpinan, memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk belajar langsung dari maestro bisnis ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.