oleh

Darurat Virus Corona China, Mahasiswa S2 asal Madura Minta Bantuan Pulang

PortalMadura.Com, Sampang – Status darurat virus Corona China membuat mahasiswa asal Madura, Jawa Timur, di Shandong meminta bantuan untuk dipulangkan.

Salah satunya, Laili Nadhiftul Fikriya, warga Dusun Pesanggrahan, Desa Rapa Laok, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.

Ia mahasiswi aktif S-2 jurusan hubungan Internasional di Shandong University, sejak Agustus 2019. Laili tinggal di asrama Kota Qingdao Provinsi Shandong, China.

Mahasiswa yang kuliah melalui jalur beasiswa ini, kini meminta bantuan untuk pulang ke Indonesia. Dampak virus Corona tersebut, situasi semakin mencekam dan persediaan obat berkurang.

“Anak saya minta pulang ke Indonesia karena sudah terisolir di China,” kata Sri Astutik, ibu kandung Laili Nadhiftul Fikriya, di Sampang, Selasa (28/1/2020).

Kondisi Laili di China, kata dia, terkendala biaya atau krisis keuangan untuk beli tiket ke Indonesia. “Sementara, bantuan beasiswa akan cair pada Maret,” terangnya, pada PortalMadura.Com.

Demi menyelamatkan putrinya, Ibu Sri menghadap langsung kepada Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi. Ia meminta solusi dan bantuan agar Laili dapat pulang ke Sampang.

“Tujuan saya mengahadap langsung ke bapak Bupati, tiada lain hanya untuk meminta solusi dan bantuan bagaimana caranya anak saya bisa pulang sementara waktu ke Madura,” jelasnya.

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi, merespon dengan baik dan siap membantu sepenuhnya supaya Laili yang sedang aktif kuliah S-2 di China dapat segera pulang.

Orang nomor satu di Sampang ini akan melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri bagaimana prosedur memulangkan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa karena darurat virus Corona di China.

“Jika ada kebijakan sendiri dari China, maka akan mengikuti aturannya. Jika bisa mandiri untuk pulang ke Indonesia, kami siap membantu, termasuk tiket dan persiapan yang lain untuk proses kepulangannya,” katanya.(*)

Baca Juga :

Penulis : Rafi
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE