oleh

Daun Thyme, Rempah Lezat Yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Tubuh

PortalMadura.Com – Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, thyme juga bisa diolah menjadi teh herbal, minyak esensial untuk aromaterapi, hingga obat tradisional. Daun thyme mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, folat, zat besi, zinc, kalsium, magnesium, dan kalium yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Sabtu (6/3/2021), berikut manfaat daun thyme untuk kesehatan:

Selamat Ibadah Puasa 1

Mampu Meredakan Batuk

Ekstrak daun thyme bermanfaat sebagai obat batuk alami untuk mengatasi batuk akibat flu dan ISPA. Hal ini karena kandungan antioksidan dan antiradang yang terdapat di dalam daun thyme.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Thyme merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang baik. Kandungan-kandungan di dalam daun thyme tersebut diketahui dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Atasi Peradangan Pada Kulit

Kandungan thymol di dalam daun thyme dapat meringankan kondisi peradangan dan iritasi pada kulit, hal ini berkat kandungan thymol di dalam daun thyme yang memiliki sifat antiradang, antioksidan, serta antibakteri.

Membantu Meredakan Stres

Minyak esensial dari daun thyme mengandung aroma yang menyegarkan. Jika digunakan sebagai aromaterapi, minyak tersebut diketahui dapat memberikan efek menenangkan dan meredakan stres.

Meredakan Nyeri

Daun thyme mengandung zat yang memiliki sifat antiradang dan antinyeri. Berkat kandungan tersebut, daun thyme yang dikonsumsi sebagai teh atau suplemen herbal dapat meringankan nyeri, misalnya akibat kram di saat menstruasi.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar