oleh

Dicoret Dari Pencalonan Kades, Pendukung Geruduk DPRD Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Perang mulut sempat mewarnai pertemuam antara massa pendukung salah satu Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) Proppo yang tidak lolos dengan kuasa hukum Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Proppo di ruang sidang gedung DPRD Pamekasan, Jumat (6/9/2019).

Bacakades yang dinyatakan tidak lolos administrasi oleh P2KD Proppo Kecamatan Proppo, melalui kuasa hukumnya, Nisan Radian, menyampaikan dengan dua opsi permintaan. Pertama, pemerintah daerah melalui P2KD Desa Proppo agar memasukkan nama kliennya, Moh Rahem, untuk ditetapkan sebagai calon kepala desa.

Opsi kedua, jika permintaannya tidak dipenuhi maka Pemkab Pamekasan harus menunda proses pemilihan kepala desa hingga akhir persidangan.

“Artinya jangan sampai di tengah jalan keputusan di sini sudah selesai, tiba-tiba akan menghabiskan uang negara, kasihan gitu,” katanya.

Menurut Nisan Radian, kedatangan pihaknya ke kantor dewan ingin mengadu kepada wakil rakyat terkait kesewenang-wenangan P2KD Proppo yang telah mencoret Moh Rahem dari daftar calon kepala desa Proppo.

Loading...

“Kami ingin minta ketegasan pihak anggota dewan karena kami merasa diperlakukan tidak adil,” tandasnya.

Kuasa hukum Panitia Pilkades Proppo, Ach. Mukhlisin mengatakan, pihaknya akan tetap menggelar Pilkades sebagaimana jadwal yang telah ditentukan. Adapun permintaan dari Bacakades, Moh Rahem, pihaknya tidak bisa mengomentari lebih banyak.

“Tahapan pencalonan sudah selesai dan bakal calon yang dinyatakan memenuhi syarat itu hanya ada dua orang. Dan keduanya sudah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh panitia sesuai dengan regulasi,” tegasnya.

Sementara anggota DPRD Pamekasan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Khairul Umam mengatakan, pihaknya hanya menfasilitasi terkait dengan perselisihan Pilkades di Desa Proppo.

“Kami undang semua pihak untuk mengetahui kebenaran dan fakta-fakta lainnya. Selebihnya kami berharap Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Pamekasan ini bisa berjalan dengan lancar, kondusif dan aman,” tutupnya.(*)


Penulis : Hasibuddin
Editor : Nurul Hijriyah

Komentar