Digerojok Anggaran Rp4,1 Miliar, Target PAD PDAM Bangkalan Hanya Rp200 Juta

Avatar of PortalMadura.Com
Digerojok Anggaran Rp4,1 Miliar, Target PAD PDAM Bangkalan Hanya Rp200 Juta
Direktur PDAM Sumber Pocong Bangkalan, Andang Pradana

PortalMadura.Com, – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumber Pocong Bangkalan, Madura, Jawa Timur mendapat penyertaan modal sebesar Rp4,1 miliar.

Direktur PDAM Sumber Pocong Bangkalan, Andang Pradana menyampaikan, penyertaan modal itu berasal dari dana APBD tahun anggaran 2019.

“Tetapi meskipun sudah mendapat penyertaan modal sebanyak itu, untuk PAD sendiri kami hanya menargetkan Rp200 juta,” terangnya, Jumat(18/1/2019).

Ia menjelaskan, selama tiga tahun terakhir PDAM mengalami kerugian yang salah satu faktornya ditimbulkan dari pembiayaan listrik. Setiap bulannya mencapai Rp500 juta untuk pembayaran listrik.

Nilai kerugian sejak tahun 2016 sampai 2018 mencapai Rp350 juta sampai Rp450 juta pertahun.

“PDAM ini masih memakai pompa, dampaknya pada pembiayaan listrik yang tinggi,” katanya.

Seharusnya, jika perusahaan tidak mendapatkan laba, maka tidak wajib menyetorkan PAD. “Aturannya begitu. Tetapi mau gimana lagi, sudah merupakan kebijakan pemerintah daerah,” ucapnya.

Pelanggan PDAM Sumber Pocong Bangkalan tercatat 23 ribu, terdiri dari 13 ribu tersebar di wilayah kota dan 10 ribu tersebar di wilayah unit.

Dan sejak Desember 2018, PDAM Sumber Pocong Bangkalan menaikkan tarif bagi pelanggan dari Rp2.500 per kubik menjadi Rp2.900.(Imron/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.