Dua Unit PLTD Penuhi Kebutuhan Listrik 720 KK Warga Tonduk Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Dua Unit PLTD Penuhi Kebutuhan Listrik 720 KK Warga Tonduk Sumenep
Dua Unit PLTD di Desa Tonduk, Kecamatan Raas Sumenep (Foto : Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang merupakan bantuan dari PT Kangean Energy Indonesia (KEI) di Desa Tonduk, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur belum bisa menerangi semua warga setempat.

“Desa Tonduk ini memiliki 3 ribu KK (Kartu Keluarga). Dari ribuan KK itu hanya 720 KK yang telah teraliri listrik. Untuk yang lain ada yang masih menggunakan PLTS dan genset,” kata pengelola PLTD, H Beni, Sabtu (14/10/2017).

Ia menyampaikan, ada dua mesin yang dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan listrik. Satu mesin dengan kekuatan 130 KVA. Dua mesin itu hidup secara bergantian. Satu mesin hidup dalam jangka waktu 6 jam.

“Listrik di sini hidup mulai pukul 17.30 WIB hingga 04.30 WIB setiap hari. Dua mesin itu menghabiskan 200 liter solar setiap harinya,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, dari 720 pelanggan itu ada 340 unit lampu yang hidup setiap malam. Satu unit lampu, warga dibebani biaya sebesar Rp 32 ribu untuk lampu 10-15 wat.

“Bagi warga yang memiliki televisi dibebani tambahan biaya sekitar Rp 65-70 ribu per bulannya. Tergantung besarnya televisinya,” tuturnya.

Sementara itu, Kades Tonduk, Sri Hayati menyampaikan, dengan adanya PLTD tersebut sangat berdampak positif pada warga setempat. Baik pada perekonomian warga maupun pada pendidikan.

“Salah satu contoh, warga bisa mengerjakan kerajinan berupa gelang di saat malam hari, yang sebelumnya hanya dikerjakan di siang hari. Selain itu, anak-anak bisa mengaji atau belajar di malam hari,” ungkap bu Kades. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.