Fitur Baru, Ini Cara Lacak Lokasi Teman di WhatsApp

Avatar of PortalMadura.com
Fitur Baru, Ini Cara Lacak Lokasi Teman di WhatsApp
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Anda pengguna WhatsApp?. Jika iya, ada fitur baru lho dalam aplikasi ini. Pasalnya, Anda tidak hanya bisa melakukan chattingan dengan teman kontak Anda. Tapi juga bisa memantau lokasi teman yang Anda incar, fitur ini bernama ‘‘.

Selain itu, Anda sebagai pengguna WhatsApp bisa saling berbagi lokasi secara real time dengan teman atau keluarga di kontak WhatsApp Anda. Tidak heran, kecanggihan desain fitur baru ini membuat banyak orang penasaran tentang bagaimana cara mengaplikasikannya.

Namun sejauh ini, belum semua pengguna bisa menggunakannya. WhatsApp sedang berupaya merilis ketersediaan fitur ini untuk semua pengguna di Android dan iOS secara bertahap.

Tapi tidak ada salahnya mempelajari caranya, agar lebih mudah menggunakannya saat fitur ini tiba di WhatsApp Anda. Berikut cara kerjanya:

1. Buka salah satu chat di WhatsApp (bisa grup maupun individu) yang ingin Anda bagi Live Location.

2. Tap file attachment berupa tanda paper clip yang terdapat di pojok kanan kolom untuk mengetik pesan.

3. Akan muncul pilihan attachment yang akan di-share, pilih ‘Location‘.

4. Pada WhatsApp yang sudah tersedia fitur ini, akan tampil ‘Share Live Location‘ di fungsi ‘Send Location‘ yang sudah ada.

5. Anda bisa mengatur berapa lama Anda akan membagi lokasi secara real time. Ada pilihan misalnya 15 menit, satu jam, atau mungkin seharian.

6. Anda juga bisa berhenti membagi Live Location kapanpun dengan menekan tombol ‘Stop Sharing‘.

7. Menariknya, beberapa orang dari grup chat WhatsApp yang sama bisa membagi lokasi mereka masing-masing dan ditampilkan dalam satu peta. Jadi, Anda bisa tahu persis seberapa jauh lokasi Anda dengan yang lain.

Fungsi berbagi lokasi real time memang bukan sesuatu yang baru. Sejumlah layanan sudah lebih dulu memilikinya. Sebut saja Google yang punya Latitude, namun sudah dimatikan pada 2013. Telegram beberapa waktu lalu pun meluncurkan fitur serupa.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif WhatsApp, fitur ini diprediksi akan booming dipakai di antara pengguna WhatsApp. Semoga bermanfaat. (detik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.