Ganti Rugi Pembebasan Lahan Bandara Disepakati Rp110 Ribu Permeter

Avatar of PortalMadura.Com
Bandara Trunojoyo
Bandara Trunojoyo

PortalMadura.Com, – Ganti rugi pembebasan lahan untuk pengembangan Sumenep, Madura, Jawa Timur disepakati seharga Rp110 ribu per meter.

“Hasil kesepakatan antara pemilik lahan dengan pemerintah, harga lahan sebesar 110 ribu rupiah per meternya,” ungkap Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Senin (03/11/2014).

Rrencananya pembayaran ganti rugi akan dilakukan pada pekan depan. “InsyaAllah proses pembayarannya akan mulai dilakukan minggu depan,” ujarnya.

Semula ada beberapa lahan yang digunakan untuk akses jalan ke Bandara tidak akan dibebaskan secara  keseluruhan. Hanya yang termasuk dalam master plan dan akses jalan yang akan diberi ganti rugi.

“Namun karena takut merugikan para pemilik lahan, akhirnya disepakati akan diberi ganti rugi semuanya. Karena jalan itu dilewati truk dan kendaraan besar, sehingga debu dan tanahnya akan masuk ke lahan yang tersisa itu,” tuturnya.

Pembebasan lahan untuk pengembangan Bandara Trunojoyo kali ini merupakan pembebasan tahap kelima. Total lahan yang sudah dibebaskan sejak tahap pertama hingga tahap keempat sebanyak 91,652 hektar.

“Sesuai master plannya, jumlah lahan yang diperlukan untuk pengembangan Bandara seluas 107 hektar. Untuk tahap kelima ini, rencananya ada 8,5 hektar termasuk tanah pecaton yang akan dibebaskan,” paparnya.

Pembebasan lahan tersebut dianggarkan melalui APBD Sumenep 2014 sebesar Rp 9,5 miliar. Sedangkan untuk penetapan harga menggunakan tim independen untuk menaksir harga tanah sesuai nilai jual objek pajak (NJOP) dan lokasi.

“Taksiran harga tim independen ini harga terendah 97 ribu rupiah dan tertinggi 115 ribu rupiah,” tukasnya. (arif/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.