oleh

Gempa Sumenep, 60 Bangunan Rusak

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 60 bangunan di Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengalami rusak akibat gempa dengan kekuatan 5,0 SR beberapa hari lalu. Ke 60 bangunan itu meliputi 8 bangunan sarana ibadah dan sekolah, 52 unit merupakan bangunan rumah warga.

“Total bangunan yang rusak itu mencapai 60 bangunan. 8 bangunan merupakan sarana ibadah dan sekolah, sedangkan 52 bangunan lainnya merupakan rumah warga,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Abd Rahman Riadi, Kamis (4/4/2019).

Menurutnya, tingkat kerusakan bangunan tersebut adalah ringan dan sedang. Pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan pihak terkait guna pemulihan pasca bencana alam di Pulau Raas tersebut.

Loading...

“Kami akan menyalurkan bantuan berupa sembako ke korban guna meringankan beban mereka yang kena musibah itu. Rencana, besok petugas akan berangkat ke Pulau Raas untuk menyampaikan bantuan tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, gempa bumi tektonik mengguncang sebagian wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (2/4/2019) sekitar pukul 08.22 pagi. Hasil analisis Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa gempa bumi tersebut berkekuatan M=5,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4,9.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,22 LS dan 114,56 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah tenggara Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, pada kedalaman 5 km. Tepatnya gempa berlokasi di laut pada jarak 83 KM tenggara kota Sumenep.


Penulis: Samsul Arifin
Editor : Agnes Hafilda Kusuma

Komentar