Guys, Ini 4 Fungsi Ban Mobil yang Wajib Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
Guys Ini 4 Fungsi Ban Mobil yang Wajib Diketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu komponen mobil yang wajib ada dalam yakni ban. Tanpa ban, tentu sebuah kendaraan tidak bisa digunakan. Karena itu keberadaan ban harus benar-benar diperhatikan lagi demi kenyamanan dalam mengendara. Sebelum itu, ada beberapa fungsi utama ban yang wajib pengendara ketahui.

Pertama, ban menopang berat kendaraan. Berat kendaraan (mobil) hampir mencapai 1,6 ton atau mendekati berat 32 orang dewasa. Ini sebabnya tekanan angin yang tepat membantu ban berfungsi maksimal menopang berat kendaraan.

Kedua, fungsi ban menyerap benturan saat kendaraan berjalan di area yang tidak rata. Udara di dalam ban berfungsi sebagai pegas.

Ketiga, ban meneruskan fraksi dan gaya pengereman. Ban bekerja dengan memanfaatkan gaya gesek dan momentum antara permukaan jalan dan telapak ban.

Keempat, mengubah dan mengarahkan laju kendaraan. Ban yang baik akan mengikut perubahan yang terjadi pada batang kemudi sesuai dengan arah yang dikehendaki oleh pengemudi.

Dari beragam fungsi di atas mengartikan ban menjadi satu-satunya perangkat yang merespon maksud pengemudi dan tenaga kendaraan. Ketika ingin melaju maka pengemudi akan menekan pedal gas, begitu juga saat ingin memperlambat akan menekan pedal rem, ketika ingin berbelok maka akan memutar lingkar kemudi.

Ini sebabnya menjaga ban selalu dalam tekanan udara normal itu penting karena menjadi satu-satunya cara agar fungsi ban bisa terjadi secara maksimal. Bidang kontak antara ban dan jalan dikatakan hanya sebesar ukuran kartu pos, yang membuat tuntutan untuk tekanan udara sesuai ketentua sangat penting.

Itulah beberapa fungsi ban yang wajib diketahui. Dengan demikian Anda lebih mudah dalam melakukan perawatan ban demi kenyamanan dan keselamatan Anda mengendara. Semoga Bermanfaat (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.