Guys, Ketahui 5 Cara Mudah Pilih Universitas di Luar Negeri

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ketahui 5 Cara Mudah Pilih Universitas di Luar Negeri
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mungkin Anda sering mendengar ungkapan seperti Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina. Namun, ungkapan itu bukan berarti kita harus menuntut ilmu ke negeri Cina ya. Ungakapan tersebut bermaksud untuk memberikan kita semangat dalam menuntut ilmu serta menggapai mimpi. Anda bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri selain Cina seperti Eropa dan negara lainnya.

Namun, pada umumnya yang menjadi permasalahan ketika ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah banyaknya program pilihan yang ditawarkan. Tak dapat dipungkiri, memilih jurusan yang tepat di universitas luar negeri sering menjadi proses membingungkan.

Sebenarnya, jika Anda mengetahui cara memilih program yang tepat, bukan tak mungkin hal tersebut akan menjadi pengalaman pribadi yang unik dan menyenangkan.

Christie Tobing dari Education for New Zealend memberikan 5 hal utama yang perlu Anda pertimbangkan dalam membuat keputusan penting pertama sebelum memilih dan masuk ke .

Kejar yang Kita Minati
Setiap orang memiliki minat masing-masing tetapi nampaknya banyak siswa kehilangan kesempatan mengikuti minatnya karena lebih memilih program yang dapat menjamin karir. Program bisnis dan sains lebih banyak diminati, sedangkan program lain seperti musik dan kuliner kurang dilirik para siswa.

Yang terpenting adalah, kita memilih program sesuai dengan minat, daripada memaksakan diri memilih program tidak sesuai dengan minat dan menjadi beban selama belajar di universitas.

Berpikiran Terbuka
Kita mungkin sudah memikirkan jalur karir tertentu dan sudah memperkirakan keterkaitan yang kuat antara gelar yang dipilih dan pekerjaan yang diinginkan di masa depan. Menjadi lulusan yang baik menjadi sangat penting dalam menghadapi dunia yang cepat berubah.

Sebelum memutuskan tidak ada salahnya melakukan riset dan menjajaki program universitas di luar negeri untuk memperluas wawasan dan masa depan yang menjanjikan. Ada mahasiswa yang pada akhirnya membuat keputusan terbaiknya setelah melakukan penjajakan langsung ke universitas tujuan.

Belajar Melampaui Kurikulum
Belajar tidak melulu di dalam ruang kampus dan kita tidak perlu membatasi pemikiran dengan peraturan-peraturan kuliah. Carilah program universitas yang memiliki fokus untuk membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan berbasis industri praktis. pastinya ini menjadi sesuatu yang dapat dipertimbangkan.

Banyak negara, seperti Selandia Baru, memiliki sistem pendidikan dengan pendekatan pengajaran yang inovatif dengan mengolaborasi teori dan praktik. carilah program mata kuliah yang memperkenalkan kita ke situasi kehidupan nyata sehingga memberi kita awal yang baik untuk terjun ke dalam sebuah industri.

Tetap Menjaga Sudut Pandang
Salah memilih mata kuliah atau gagal masuk pilihan pertama universitas adalah suatu hal biasa terjadi, tetapi kita tidak harus bersedih ketika berada dalam situasi ini. Sangat penting bagi kita meluangkan waktu,mengevaluasi kembali pilihan dan mempertimbangkan alternatif lainnya.

Tetaplah mencari universitas dengan kualitas tinggi. QS World University Rankings dapat menjadi alat bantu dalam memilih jurusan dan universitas.

Galilah Lebih dalam dan Lakukan Penelitian
Siswa yang baru menyelesaikan program A-level atau kualifikasi lainnya akan menjumpai mata kuliah yang masih asing bagi mereka. Bahkan kita akan sering menjumpai mata kuliah yang benar-benar berbeda dari yang kita bayangkan.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah melakukan penelitian dan mengenal lebih dalam program yang akan kita ambil. Cari tahu lebih lanjut tentang durasi pembelajaran untuk mendapatkan gelar tersebut, lihat modul tercakup dalam setiap program yang akan kita ambil, dan identifikasi program yang paling kita minati.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebelum menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke universitas di luar negeri. Semoga bermanfaat. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.