Guys, Ketahui 5 Mitos Rawat Motor

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ketahui 5 Mitos Rawat Motor
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Agar mendapatkan kondisi motor yang tetap prima sepanjang masa, tentu harus rutin merawatnya bukan? Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga motor tetap dalam keadaan baik. Namun, perbedaan cara merawat motor dari setiap orang kadang membuat bingung.

Selain itu, banyak – mitos yang beredar tentang cara perawatan motor. Meski faktanya, tidak semua mitos tersebut benar. Beberapa di antaranya malah bisa bikin salah kaprah saat merawat motor. Nah agar tak salah merawat motor, berikut mitos dan fakta merawat motor.

Selama Break-in (Inreyen) Motor Tak Boleh Dikendarai dengan Kecepatan Tinggi
Motor yang baru datang dari dealer biasanya harus melalui proses inreyen. Dalam proses ini, part yang masih baru akan dibiasakan untuk bergesekan satu sama lain agar komponen di dalamnya bisa sinkron dan saling menyesuaikan. Proses ini harus dilakukan secara benar.

Tapi bukan berarti tidak boleh kencang. Beberapa teknisi pabrikan motor malah menganjurkan untuk berkendara agak kencang agar kendaraan terbiasa. Akan tetapi pengendara tak boleh menggeber gas secara spontan saat proses inreyen. Hal itu dikarenakan bukaan gas secara spontan dikhawatirkan membuat mesin kaget dan part aus karena belum terbiasa.

Motor Matic Tidak Boleh Didorong dalam Keadaan Mesin Mati
Mitos ini sudah pasti tak benar. Tak akan ada masalah ketika mendorong motor matic saat mesinnya mati.

Matikan Motor Harus dengan Bukaan Gas Besar
Bila Anda masih mengendarai motor keluaran tahun 80 – 90an, hal ini mungkin benar adanya. Karena pada saat itu pengisian aki masih belum maksimal.

Baca Juga: Video Detik-detik Kericuhan Pemilihan PAW Kades Gunung Maddah Sampang

Manasin Motor Harus Lama, Minimal 15 Menit
Perlu Anda ketahui, saat ini manasin motor juga enggak perlu lama – lama. Motor hanya perlu untuk dihangatkan selama 2 menit agar oli motor naik melumasi mesin.

Electric starter Pagi Hari Bikin Aki Tekor
Menggunakan electric starter sebenarnya diperbolehkan. Namun jika motor adalah keluaran 2000-an ke bawah, aki motor memang akan cepat tekor jika dipakai menyalakan motor pada pagi hari. Terlebih lagi di era itu motor tidak menggunakan sistem injeksi.

Itulah beberapa mitos dan fakta terkait sepeda motor. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.