Tak Berkategori  

Hasil Penelitian : Ternyata Ayam Termasuk Mahluk Cerdas

Avatar of PortalMadura.Com
Hasil Penelitian : Ternyata Ayam Termasuk Mahluk Cerdas
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selama ini mungkin orang menganggap sebagai mahluk yang bodoh. Namun, ilmuwan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa unggas yang satu ini adalah . Bahkan, otaknya yang kecil bisa secerdik dan selicik otak manusia.

Selain itu, ayam termasuk hewan yang memiliki kepribadian yang unik, dan bahkan kadang-kadang licik.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Animal Cognition edisi Januari, dijelaskan bahwa ayam memiliki tingkat kecerdasan yang sama dengan mamalia dan primata.

Lalu, mengapa ayam bisa diketahui sebagai binatang cerdik?. Ayam jantan misalnya, diketahui bisa menipu betina, dengan berkokok seolah-olah ada makanan di sekitarnya. Hal itu dilakukan untuk menarik perhatian betina.

Ayam jantan pun yang sedang mendekati pasangan kawin juga akan berkotek dengan suara lebih pelan jika ada jantan lain di sekitarnya. Berperilaku seperti ini agar jantan pesaing tidak mendekati betina yang diincarnya.

Menariknya, ternyata ayam juga telah mengenal angka. Anak ayam yang baru menetas bahkan bisa membedakan jumlah dan memahami aritmetika sederhana.

“Berbeda dari unggas lain, ayam dikategorikan sebagai komoditas dan telah kehilangan jati dirinya sebagai binatang,” kata ilmuwan senior dari The Someone Project, yang terlibat dalam riset itu, Loro Marino.

Marino melanjutkan, bahwa ayam juga memiliki kapasitas untuk berpikir dan membuat kesimpulan logis. Kemampuan seperti ini bahkan baru dimiliki manusia pada usia tujuh tahun, ayam juga telah memahami interval waktu.

Tidak hanya itu saja, ayam pun bisa mengendalikan diri untuk mendapatkan makanan yang banyak. Ayam bisa memilih posisi terbaik agar bisa mematuk makanan lebih baik, karakter ini yang membuktikan bahwa ia memiliki kesadaran akan dirinya.

Kelebihan lainnya, komunikasi ayam juga cukup canggih dan memiliki setidaknya 24 vokalisasi berbeda dengan tujuan yang tidak sama. Mulai dari suara untuk menarik perhatian pasangan, hingga untuk memperingatkan adanya bahaya. Ayam pun memiliki emosi positif dan negatif, termasuk rasa takut dan cemas. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.