Hati-hati Virus Menyerang! Kenali Ciri Aplikasi Android Berbahaya Sebelum Di Download

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-hati Virus Menyerang! Kenali Ciri Aplikasi Android Berbahaya Sebelum Di Download
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Android merupakan salah satu sistem operasi untuk perangkat mobile yang populer dan kaya akan . Berbagai fitur aplikasi dan game Android bisa di unduh di Google Play Store. Tidak heran jika banyaknya aplikasi yang menarik tersebut membuat para pengguna smartphone semakin lama semakin tinggi.

Ketertarikan pada aplikasi yang di download terkadang membuat sebagian orang lupa dan kurang cermat memilihnya, sehingga bisa berbahaya bagi ponsel karena memiliki virus. Bahkan bisa berakibat fatal seperti kehilangan data termasuk akun-akun penting yang dimilikinya.

Lantas, bagaimana cara menghindarinya?. Mudah saja, Anda perlu mengenal ciri-ciri ini untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut berbahaya atau tidak di Android. Simak ulasannya berikut ini:

Tidak Ada di Play Store
Pertama, menurut How to Geek, aplikasi berbahaya tidak tersedia di Play Store, tetapi hanya di situs-situs berbagi aplikasi atau blog. Memasang (install) aplikasi berformat. Aplikasi terkadang berisiko mengandung virus.

Pengembang Aplikasi Tidak Jelas
Sebelum memasang aplikasi, sebaiknya periksa dahulu sumber aplikasi tersebut. Misalnya, siapa pengembang aplikasinya (developer). Jika tidak jelas atau tidak diketahui sumbernya dari mana, kemungkinan besar aplikasi tersebut kurang kredibel.

Lihat Jumlah Unduhan dan Komentar
Apabila aplikasi yang Anda ingin unduh ada di Play Store, coba perhatikan jumlah unduhan dan komentar yang ditinggalkan pengguna. Ini menjadi salah satu tolok ukur seberapa berkualitas aplikasi yang akan Anda pakai.

Biasanya aplikasi yang berkualitas sudah dipakai oleh sekurang-kurangnya 1 juta pengguna dan telah mendapatkan rating 4 ke atas. Selain itu lihat pula beberapa testimoni atau komentar dari para pengguna aplikasi tersebut.

Reputasi
Ciri berikutnya, aplikasi yang berbahaya memiliki reputasi yang mencurigakan baik di Google Play Store atau di komunitas Android lainnya. Cermati apabila jumlah pengunduh dan rating aplikasi rendah. Bisa jadi aplikasi tersebut berbahaya.

Deskripsi Ngawur
Aplikasi yang berbahaya bisa juga dikenali dari deskripisi yang tidak jelas yang di-post di Play Store. Jika memang demikian, bisa dicurigai bahwa aplikasi tersebut berbahaya bagi perangkat Anda. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.