Hingga Agustus 2017, Realisasi APBD Sumenep Baru 40 Persen

Avatar of PortalMadura.com
Hingga Agustus 2017, Realisasi APBD Sumenep Baru 40 Persen
dok. Kepala Badan Pengelolaan, Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah, Didik Untung Samsidi

PortalMadura.Com, – Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tahun 2017 masih terbilang rendah. Pasalnya, hingga bulan Agustus ini masih terserap sebanyak 40 persen dari kekuatan APBD sebesar Rp 2,2 T.

“Realisasi APBD tahun ini memang rendah, baru sekitar 40 persen dari kekuatan APBD. Ini terjadi pada organisasi perangkat daerah yang ada program fisiknya seperti di dinas PU,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumenep, Didik Untung Samsidi, Rabu (23/8/2017).

Salah satu penyebab minimnya serapan APBD tahun ini utamanya di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menggarap pembangunan fisik seperti di dinas pekerjaan umum. Karena banyak rekanan yang belum mengajukan termin, padahal saat ini sudah masuk triwulan ke empat.

“Jadi, kami minta OPD yang bersangkutan disiplin pada para rekanan, agar rekanan itu mengajukan termin sesuai waktunya. Bukan ditumpuk pada triwulan ke empat,” katanya.

Idealnya, lanjut Didik, realisasi APBD 2017 hingga triwulan ke empat itu telah mencapai 85 persen dari kekuatan APBD. Namun ternyata masih baru 40 persen.

“Kami meminta agar pimpinan OPD mendorong pihak ketiga dalam merealisasikan anggaran sesuai jadwal,” ucapnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.